Kamis, 04 Juli 2013

PTK dengan Model Cooperative Learning Tipe STAD



PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA
TENTANG GARIS DAN SUDUT
MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD
BAGI SISWA KELAS 7 A SMP NEGERI 1 KEDUNGBANTENG
PADA SEMESTER 2 TAHUN 2011/2012









Diajukan pada penilaian angka kredit unsur pengembangan profesi guru
untuk kenaikan pangkat dari golongan IV/a ke IV/b





Oleh
RINA MUHARTI, S.Pd





PEMERINTAH KABUPATEN BANYUMAS
DINAS PENDIDIKAN
SMP NEGERI 1 KEDUNGBANTENG
Jl. Raya Kedungbanteng Kab. Banyumas * 53152 ( (0281) 7638077
2012
LEMBAR PENGESAHAN
Yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama                           :     RINA MUHARTI, S.Pd
NIP                             :     19710304 199802 2 002
Instansi                        :     SMP Negeri 1 Kedungbanteng
Pangkat/ Gol               :     Pembina, IV/a
Jabatan                        :     Guru
Telah melakukan penelitian dengan judul Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Matematika Tentang Garis dan Sudut Melalui Model Cooperative Tipe STAD Bagi Siswa Kelas 7A SMP Negeri 1 Kedungbanteng Pada Semester 2 Tahun 2011/2012.
                                                                       
                       
Banyumas,      Februari  2013
                                                                                    Penulis



                                                                                    RINA MUHARTI, S.Pd
                                                                                    NIP 19710304 199802 2 002

Disahkan Oleh:


            Kepala Sekolah                                               Kepala  Perpustakaan
            SMP Negeri 1 Kedungbanteng                       SMP Negeri 1 Kedungbanteng
                       



            AMIR DAHLAN, S.Pd                                 NENENG ISMOWATI, S.Pd
            NIP 19610228 198102 1 001                         NIP  19610606 198412 2 004



Ketua PGRI
Kabupaten Banyumas




Drs. TAKDIR WIDAGDO, SH, M.Si
NPA.PGRI.1206000001
KATA PENGANTAR
Puji syukur  senantiasa penulis panjatkan kehadirat Allah SWT atas limpahan rakhmat dan karuniaNya karena akhirnya penulis dapat menyelesaikan laporan penelitian tindakan kelas ini yang mengambil judul  Peningkatan Minat Dan Hasil  Belajar  Matematika  Tentang Garis dan Sudut  Melalui  Model  Cooperative Learning Tipe STAD Bagi  Siswa Kelas  7A SMP Negeri 1 Kedungbanteng  Pada Semester 2 Tahun 2011/2012.
Penulis menyadari bahwa tersusunnya laporan ini tidak lepas dari bantuan dari segala pihak, untuk itu penulis sampaikan ucapan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada :
1.      Bapak Dibyo Yuwono, S.Pd, selaku Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Kedungbanteng yang telah memberikan izin.
2.      Urusan Perpustakaan SMP Negeri 1 Kedungbanteng yang memberikan izin untuk memberikan pinjaman buku-buku sebagai referensi penyusunan laporan ini.
3.      Rekan-rekan guru SMP Negeri 1 Kedungbanteng yang telah memberikan dukungan dan banyak membantu demi kelancaran penelitian ini.
4.      Suami dan anak-anakku tercinta (Weldika,Weldiana dan Weldielvin) atas segala dukungan dan dorongan mental maupun material sehingga laporan ini dapat tersusun.
5.      Segala pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu.
                                                                                                Banyumas,   Maret 2012
                                                                                                Penulis
                                                DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL     ………………………………………………………          i
LEMBAR PENGESAHAN     ……………………………………………….         ii
KATA PENGANTAR      ……………………………………………………         iii
DAFTAR ISI      ………………………………………………………………         iv
DAFTAR TABEL        ……………………………………………………….        vii
DAFTAR GAMBAR      ……………………………………………………..         ix
DAFTAR LAMPIRAN    …………………………………………………….          x
ABSTRAK       ………………………………………………………………..        xii

BAB I       PENDAHULUAN  ……………………………………………….          1
A.    Latar Belakang Masalah   ………………………………………          1
B.     Identifikasi Masalah …………………………………………….         4
C.     Pembatasan Masalah    …………………………………………          4
D.    Rumusan Masalah    ……………………………………………          6
E.     Tujuan Penelitian     …………………………………………….          6
F.      Manfaat Penelitian     …………………………………………..          8

BAB II      KAJIAN TEORI DAN PENGAJUAN HIPOTESIS TINDAKAN   10
A.    Kajian Teori      …………………………………………………        10
1.   Minat Belajar Matematika……. ……………………………..        10
2.   Hasil Belajar Matematika    ………………………………….        27
3.   Model Cooperative learning tipe STAD   ……………..…….        31
B.     Kerangka Berpikir    ……………………………………………        35
C.     Hipotesis Tindakan    …………………………………………..        36

BAB III    METODOLOGI PENELITAN    ………………………………..        38
A.    Setting Penelitian     ……………………………………………        38
B.     Subyek Penelitian dan Obyek Penelitian………………………         39
C.     Desain Penelitian ……………………………………………..          40
D.    Sumber Data      ………………………………………………..        42
E.     Teknik dan Alat Pengumpulan Data    …………………………        42
F.      Validasi Data      ……………………………………………….        44
G.    Analisis Data      ………………………………………………..        44
H.    Indikator Keberhasilan ……………………………………………… 45
I.       Prosedur Tindakan      ………………………………………….        46

BAB IV    HASIL TINDAKAN DAN PEMBAHASAN   …………………        56
A.    Pembelajaran Sebelum Pelaksanaan …………………………..          56
B.     Deskripsi Kondisi Awal      …………………………………….        57
C.     Pelaksanaan Tindakan Siklus 1 ………… ……………………..        59
D.    Pelaksanaan Tindakan Siklus 2………….  …………………….        77
E.     Pembahasan Hasil Penelitian       ……………………………….        95

BAB V      PENUTUP ……………………………………………………….....     105
A.    Simpulan        …………………………………………………..      105
B.     Keterbatasan Penelitian…………………………………………     106
C.     Saran …………………………………………………………….     107

DAFTAR PUSTAKA          …………………………………………….......        108
LAMPIRAN-LAMPIRAN  ……………………………………………………  110













DAFTAR TABEL
Tabel                                                                                                               halaman
1.      Alokasi Waktu Penelitian     ………………………………………………..       39
2.      Pembagian Kelompok STAD ……………………………………………..         56
3.      Nilai Ulangan Harian Kondisi Awal     …………………………………….        58
4.      Indikator Materi Siklus 1 ………………………………………………….         60
5.      Rangkuman Rencana Siklus 1 ……………………………………………          60
6.      Rangkuman Pelaksanaan Tindakan Siklus 1 ……………………………..           62
7.      Hasil Nilai Individu dan Kelompok Siklus 1………………………………..       67                  
8.      Data Minat Belajar Matematika Siswa Siklus 1…………………………….       70
9.      Hasil Belajar Matematika Siswa Siklus 1  ………………………………….        71
10.  Hasil Refleksi Minat Belajar Matematika Kondisi Awal dan Siklus 1  ……        72
11.  Refleksi Hasil Belajar Matematika Siklus 1  …………….…………………        75
12.  Hasil Rekap Wawancara Siswa Siklus 1   ………………………………….        76
13.  Indikator Materi Siklus 2 ………………………………………………….         78
14.  Rangkuman Rencana Siklus 2 …………………………………………….         78
15.  Rangkuman Pelaksanaan Tindakan Siklus 2 ……………………………..           80
16.  Hasil Nilai Individu dan Kelompok Siklus 2 ………………………………..       85
17.  Data Minat Belajar Matematika Siswa Siklus 2…………………………….       88
18.  Hasil Belajar Matematika Siklus 2 …………………………………………        89
19.  Hasil Refleksi Minat Belajar Matematika Siklus 1 dan  Siklus 2……………      91
20.  Refleksi Hasil Belajar Matematika Siklus 1 dan  Siklus 2 …………………..       93
21.  Hasil Rekap Wawancara Siswa Siklus 1 dan Siklus 2  …………………….        94
22.  Hasil Penghargaan Tiap Kelompok ………………………………………...        98
23.  Hasil Minat Belajar Matematika Tiap Tindakan ……………… …………..      100
24.  Hasil Belajar Matematika Tiap Tindakan ……………. ……………………      103




DAFTAR GAMBAR

Gambar                                                                                                           halaman
1.      Grafik Nilai Ulangan Harian Kondisi Awal ……………………….. ………        59
2.      Siswa Sedang Aktif Berdiskusi ………………………………......... ……….       64
3.      Persentasi Perwakilan dari Kelompok A…………………………………. ..        65
4.      Siswa Sedang Serius Mengikuti Test Individu………………………….         66
5.      Grafik Hasil Belajar Matematika Siklus 1 …………………………………. 72                 
6.      Gaya Siswa Berdiskusi……………………………………………………...       82
7.      Presentasi Perwakilan dari Kelompok B…………………………………….       83
8.      Suasana Test Individu Siklus 2………………  ……………………………        84
9.      Grafik Hasil Belajar Matematika Siklus 2         …………………………….        90










DAFTAR LAMPIRAN

Lampiran                                                                                                        
1.      Surat Ijin Penelitian   ………………………… …………………………….          1
2.      Data Kondisi Awal                                          
2a.   Data Minat Belajar Kondisi Awal  …………………………………             2
2b. Data Nilai Ulangan Harian Kondisi Awal………………………….              3
3.      Data Siklus 1
3a.   Angket Minat Belajar Matematika………………………………...               4
3b. Contoh Lembar Jawaban Angket Minat Belajar Matematika…...   ….          5
3c.   Data Minat Belajar Matematika Siklus 1………………………….            6
3d. Contoh Hasil Wawancara Siswa Siklus 1…………………………..               7
3e. Contoh Angket Sikap Siswa Siklus 1………………………………..             8
3f. Contoh Learning Log Siswa Siklus 1………………………………..              9
3g. Kisi-kisi Soal Test Individu Siklus 1………………………………..          10
3h. Soal Test Individu Siklus 1………………………………………….         11
3i.   Kunci Jawaban dan Pedoman Penilaian Test Individu Siklus 1…. ….       12
3j.   Contoh Lembar Jawaban Test Individu Siswa Siklus 1…………...            13
3k. Daftar Hadir Kelas 7A Siklus 1…………………………………….          14
3l.   Daftar Nilai Test Individu Siklus 1…………………………………          15
3m. RPP K.D 5.1 Siklus 1………………………………………………..         16

4.        Data Siklus 2
4a.   Contoh Lembar Jawaban Angket Minat Belajar Matematika…...   ….       17
4b. Data Minat Belajar Matematika Siklus 2………………………….         18
4c. Contoh Hasil Wawancara Siswa Siklus 2…………………………..            19
4d. Contoh Angket Sikap Siswa Siklus 2………………………………..          20
4e. Contoh Learning Log Siswa Siklus 2………………………………..          21
4f.   Kisi-kisi Soal Test Individu Siklus 2………………………………..          22
4g. Soal Test Individu Siklus 2………………………………………….         23
4h. Kunci Jawaban dan Pedoman Penilaian Test Individu Siklus 2…. ….       24
4i.   Contoh Lembar Jawaban Test Individu Siswa Siklus 2…………...            25
4j.   Daftar Hadir Kelas 7A Siklus 2…………………………………….          26
4k. Daftar Nilai Test Individu Siklus 2…………………………………          27
4l.   RPP K.D 5.1 Siklus 2………………………………………………..         28
5.        Catatan Harian Dalam Pelaksanaan PTK
6.        Foto-foto Kegiatan Pembelajaran







ABSTRAK

Tujuan penelitian tindakan kelas adalah untuk meningkatkan minat dan hasil belajar Matematika tentang garis dan sudut bagi siswa kelas 7A SMP Negeri 1 Kedungbanteng pada semester 2 tahun pelajaran 2011/2012 melalui model cooperative learning tipe STAD.
Sebagai subyek penelitian tindakan kelas kali ini adalah siswa kelas 7, khususnya kelas 7A SMP N 1 Kedungbanteng pada semester 2 tahun pelajaran 2011/2012. Jumlah siswa kelas 7A adalah 27, yang terdiri dari 16  laki-laki dan 11 perempuan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Banyaknya tindakan adalah dua tahap dalam dua siklus . Tiap siklus yang dilaksanakan disesuaikan dengan indikator yang akan dicapai. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan tindakan yaitu (1) Perencanaan (Planning), (2) Tindakan (Acting), (3) Pengamatan (Observing), dan (4) Refleksi (Reflecting). Analisis data menggunakan deskriptif komparatif yang dilanjutkan dengan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model cooperative learning tipe STAD dapat meningkatkan minat  dan hasil belajar Matematika tentang garis dan sudut bagi siswa kelas 7A SMP Negeri 1 Kedungbanteng pada semester 2 tahun pelajaran  2011/2012. Dari kondisi awal minat belajarnya rendah menjadi kondisi akhir minat belajarnya tinggi. Hal ini ditunjukkan dengan  siswa lebih aktif,  lebih semangat, rajin membuat catatan materi pelajaran matematika, mengerjakan soal-soal matematika secara berkelompok, dan siswa lebih siap dalam menerima pembelajaran dengan ceria. Dan dari hasil belajar nya diperoleh bahwa pada kondisi awal nilai rata-ratanya 51,96 menjadi 70,56 pada kondisi akhir (naik 18,6) dan ketuntasan belajarnya 13% pada kondisi awal menjadi 81% pada kondisi akhir (naik 68%). Pada kondisi akhir ketuntasan belajar kelasnya sudah tercapai karena sudah melampaui target indikator keberhasilan yang sudah ditentukan yaitu 80%.





Kata Kunci :      Model Cooperative learning tipe STAD, Minat Belajar Matematika, Hasil Belajar Matematika



Rabu, 23 Januari 2013

Soal dan pembahasan prediksi soal UN 2012/2013



PAKET 1
CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAN
MATEMATIKA SMP/MTs TAHUN 2013

1. *  Indikator SKL
  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi tambah, kurang, kali, atau bagi
   pada bilangan.

     * Indikator Soal
        Menentukan hasil operasi campuran bilangan bulat

     * Soal
         Hasil dari  (– 12) : 3 + (–8) × (– 5) adalah ....
A. – 44                      C. 36
B. – 36                      D. 44

      * Kunci Jawaban:  C

      * Pembahasan

(– 12) : 3 + (–8) × (– 5)         = – 4 + (40)
                                              =  36

2. *  Indikator SKL
   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi tambah, kurang, kali, atau bagi
   pada pecahan.

     * Indikator Soal
        Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan operasi hitung bilangan pecahan

* Soal
      Luas taman pak Ahmad 300 m2.  bagian ditanami bunga mawar,  bagian ditanami bunga melati,  bagian ditanami bunga anyelir, dan sisanya dibuat kolam.
Luas kolam adalah ....
A. 45 m2                                C. 65 m2
B. 55 m2                                D. 75 m2

     * Kunci jawaban: C



     * Pembahasan
         Bagian untuk kolam adalah 1 – (++) = 1 – ( + + )
                                                                      = 1 –   =
         Luas kolam =  × 300 m2   = 65 m2


3. * Indikator SKL
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan.

     * Indikator Soal
        Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan perbandingan senilai

     * Soal
Sebuah mobil memerlukan 15 liter bensin untuk menempuh jarak sejauh 180 km. Jika tangki mobil tersebut berisi 20 liter bensin, jarak yang dapat ditempuh adalah ....  
A. 320 km                             C.  230 km
B. 240 km                             D.  135 km

     * Kunci jawaban: B

     * Pembahasan
15 liter →  180 km
20 liter →  km = 240 km
Jarak yang dapat ditempuh dengan 20 liter bensin adalah 240 km.

4. * Indikator SKL
 Menyelesaikan masalah berkaitan dengan bilangan berpangkat atau  bentuk akar

     * Indikator Soal
        Menentukan bentuk akar ke pangkat pecahan atau sebaliknya

     * Soal
Jika   ditulis menjadi bilangan berpangkat dengan bilangan pokok 3 adalah...
a.                     c.
        b.                     d.

     * Kunci jawaban: A

     * Pembahasan
            Nilai dari   =    

5.   * Indikator SKL
    Menyelesaikan masalah berkaitan dengan bilangan berpangkat atau  bentuk akar

     * Indikator Soal
        Menentukan hasil penjumlahan dan pengurangan  bilangan bentuk akar

     * Soal
Hasil dari    adalah….
            A. 13                     C. 9
B. 11                     D. 6

    * Kunci jawaban: B

     * Pembahasan
Hasil dari =
                                              =  = 11


6. * Indikator SKL
   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbankan atau koperasi

     * Indikator Soal
       Menentukan besar bunga pertahun, jika unsur yang diperlukan diketahui

    * Soal
 Andi menabung uang sebesar Rp1.600.000,00 di Bank. Setelah 9 bulan uangnya
 menjadi  Rp1.672.000,00. Persentase bunga per tahunnya adalah…..
A. 6%                        C. 9%
B. 8%                        D. 12%

      * Kunci jawaban: A

      * Pembahasan
            Bunga diterima = Rp1.672.000,00 Rp1.600.000,00  = Rp72.000,00
Bunga selama 1 tahun             = Rp72.000,00 = Rp96.000,00              
Persentase bunga pertahun      = 100% = 6%
                                               
    
7. * Indikator SKL
   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan bilangan dan deret.

      * Indikator Soal
          Menentukan 2 suku berikutnya dari pola bilangan  yang diberikan

      * Soal
Dua suku berikutnya dari barisan bilangan 20, 17, 13, 8, … adalah ….
A. 5, 2           C. 2, –7
B. 5, 0           D. 1, –8

      * Kunci jawaban: C


      * Pembahasan
 20,    17,    13,   8,   2,    –5...  


 
    –3     –4    –5     –6    –7


8. * Indikator SKL
   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan bilangan dan deret.

      * Indikator Soal
          Menentukan Un, jika unsur yang diperlukan  diketahui dari barisan bilangan geometri

      * Soal
         Suku ke–8 dari barisan 243, 81, 27, 9,…  adalah…..
        A.                        C.  
        B.                          D.

       * Kunci jawaban: B

* Pembahasan
   Diketahui : a = 243, r = , n = 8
Suku ke–8 = ? Un   =   a.r n-1
                                   U8  =  243 ×
= 243 ×  ,  Jadi suku ke–8 =

9. * Indikator SKL
   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan bilangan dan deret.

      * Indikator Soal
         Menentukan  jumlah n suku pertama deret aritmatika,  jika unsur yang diperlukan   diketahui

      * Soal
  Diketahui barisan aritmetika dengan suku ke-2 = 46 dan suku ke-5 =  34. Jumlah 25 suku pertama barisan itu adalah...
      A.   96                         C. 0
      B.   50                         D. - 54

     * Kunci jawaban: B

     * Pembahasan
        U5  =  a + (5 –1)b Þ a + 4b = 34 ...(1)
        U2  = a + (2 –1)b  Þ a + b  =  46  –..(2)
                                             3b  = – 12   
                                        atau  b = –4
(1)    a + 4b    =  34
a + 4(–4) =  34
a  – 16 = 34  jadi  a =  50

Sn  =  ½ n (2a + (n–1)b)
S25  =  ½ ×25 (2×50 + (25 – 1) × –4)
=  ½ ×25 (100 – 96)
=  ½ × 25×4
= 50

10. * Indikator SKL
  Menentukan pemfaktoran bentuk aljabar.

      * Indikator Soal
          Menentukan faktor persekutuan

      * Soal
      Faktor dari x2 – 25x   adalah ….
A. 5x (x – 25)              C. (x – 5)(x +5)
B. (x + 5)(x– 5)            D. x (x –25)

      * Kunci jawaban: D

      * Pembahasan
                 x2 – 25x = x (x – 25), karena yang bersekutu adalah x

11. * Indikator SKL
  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan linier atau pertidaksamaan
  linier satu variabel.

      * Indikator Soal
Menyelesaikan persamaan linier satu variabel bentuk pecahan

      * Soal
Penyelesaian dari  ( x  – 4) = 4 +  x adalah…..
           A.  x  = – 20            C. x  = 10
           B. x  = – 10              D. x  = 20

      * Kunci jawaban: A
      * Pembahasan
   ( x  – 4)        = 4 +  x …….kedua ruas × 10  
   5x – 20      =  40 + 8x
   5x – 8x      =  40 + 20
     –3x          = 60
      x          = – 20


12. * Indikator SKL
          Menyelesaikan masalah  yang berkaitan dengan himpunan

      * Indikator Soal
          Menentuka irisan atau gabungan dua himpunan
      * Soal
Diketahui        A = {x | x < 10, x  bilangan prima} dan
                                    B = {x | 1 < x < 10, x bilangan ganjil}.
AB adalah ….
A. { 3, 4, 5 }                         C. { 2, 3, 5 }
B. { 3, 5, 7 }                         D. {1, 3, 5, 7 }

      * Kunci jawaban: B

      * Pembahasan
A = {x | x < 10, x bilangan prima}, maka  A={2,3,5,7},
B = {x |1< x < 10, xbilangan ganjil}, maka  B={3,5,7,9}
AB = {3,5,7}

13. * Indikator SKL
          Menyelesaikan masalah  yang berkaitan dengan himpunan

      * Indikator Soal
Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan irisan atau gabungan dua himpunan

      * Soal
Dari 143 siswa,  95 siswa senang matematika, 87 siswa senang fisika, dan 60 siswa senang keduanya. Banyak siswa yang tidak senang matematika maupun fisika adalah ….
A.  21 orang                          C.  35 orang
B.  27 orang                          D. 122 orang

      * Kunci jawaban: A

      * Pembahasan
Misal:  yang senang matematika adalah A, dan yang senang fisika adalah B, maka:
n(S) = n(A) + n(B) – n(AB) + n(AÈB)C
143 = 95 + 87 – 60 + n(AÈB)C
143 = 122 + n(AÈB)C
n(AÈB)C = 143 – 122
n(AÈB)C = 21

Jadi, siswa yang tidak senang matematika maupun fisika ada 21 orang.

14. * Indikator SKL
  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan  fungsi

       * Indikator Soal
          Menentukan fungsi dari suatu relasi dua himpunan dalam bentuk diagram panah/ himpunan pasangan berurutan/ diagram cartesius

      * Soal
Diketahui himpunan pasangan berurutan :
(1). {(1, a), (2, a), (3, a), (4, a) }
(2). {(1, a), (1, b), (1, c), (1, d) }
(3). {(1, a), (2, a), (3, b), (4, b) }
(4). {{1, a), (2, b), (1, c), (2, d) }
Himpunan pasangan berurutan yang merupakan pemetaan/fungsi adalah ....
A.    (1) dan (2)             C. (2) dan (3)
B.     (1) dan (3)             D. (2) dan (4)

      * Kunci Jawaban : B


      * Pembahasan
Pemetaan/fungsi dari himpunan A ke himpunan B adalah relasi yang memasangkan setiap anggota A dengan tepat satu anggota B, (1) dan (3) memenuhi syarat sebagai pemetaan/fungsi

15. * Indikator SKL
  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan  fungsi

      * Indikator Soal
          Menentukan nilai c, jika nilai f(c) dan rumus fungsi diketahui

      * Soal
Diketahui f(x) = 6 – 3x. Jika f(a) = – 15, maka nilai a adalah….
        A. – 7                   C. 3
        B. – 3                   D. 7

      * Kunci jawaban: D

      * Pembahasan
f(a) =  6 – 3a
            f(a) =  – 15
        Persamaan 6 – 3a = – 15   – 3a = – 21  a = –21 : –3 = 7

16. * Indikator SKL
          Menentukan gradien, persamaan garis dan grafiknya

      * Indikator Soal
          Menentukan gradien garis dari gambar
      * Soal

Perhatikan grafik berikut:
   

    
                




    Gradien  garis l adalah ....
A. –                                                 C.
B. –                                     D.

      * Kunci jawaban : B

      * Pembahasan
            Gradien negatif karena garis miring kekiri
m == – 

17. * Indikator SKL
          Menentukan gradien, persamaan garis dan grafiknya

      * Indikator Soal
Menentukan persamaan garis yang melalui satu titik dan sejajar atau tegak lurus garis lain

      * Soal
Persamaan garis melalui titik (–4, –2) dan tegak lurus dengan garis 2x + 6y – 12 = 0 adalah ....
A.    3y x = – 2
B.     3y + x = – 10
C.     y 3x  = 10
D.    y + 3x = – 14

      * Kunci jawaban: C

      * Pembahasan
Gradien garis dengan persamaan 2x + 6y – 12 = 0 adalah   ( m1 = )
Syarat garis yang tegak lurus  m1 ×m2 = –1, jadi m2 = –1 : = 3.
Persamaan garis melalui titik (–4, –2) dan tegak lurus dengan garis 2x + 6y – 12 = 0 adalah :      x1 = –4, y1 = –2 dan m2 = 3.

18. * Indikator SKL
    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linier dua variabel.

      * Indikator Soal
          Menentukan penyelesaian dari SPLDV



      * Soal
Penyelesaian dari sistem persamaan x – 3y = 1 dan x – 2y = 2 adalah x dan y. Nilai 2x – 5y adalah ....
A.    – 7             C. 3
B.     – 3             D. 7

      * Kunci jawaban : C

      * Pembahasan
x – 3y = 1
x – 2y = 2
     -y = -1 ® y = 1
x – 2y = 2 ® x = 2y + 2 ® x = 4
Jadi penyelesaiannya x = 4 dan y = 1
2x – 5y = 2 (4) – 5 (1) = 8 – 5 = 3

19. * Indikator SKL
Menyelesaikan soal menggunakan teorema Pythagoras

      * Indikator Soal
          Menentukan bilangan–bilangan yang merupakan Tripel Pythagoras

      * Soal
Perhatikan tripel bilangan berikut :
(1)   13 cm, 12 cm, 5 cm
(2)   6 cm, 8 cm, 11 cm
(3)   7 cm, 24 cm, 25 cm
(4)   20 cm, 12 cm, 15 cm
Yang dapat dibentuk menjadi segitiga siku-siku adalah ....
A.    (1) dan (2)             C. (2) dan (3)
B.     (1) dan (3)             D. (2) dan (4)

      * Kunci jawaban : B

      * Pembahasan
      (1). 132 = 122 + 52
169 = 144 + 25
169 = 169
Jadi 13, 12, 5 merupakan tripel Pythagoras

      (3). 252 = 242 + 72
625 = 576 + 49
625 = 625
Jadi 7, 24, 25 merupakan tripel Pythagoras
Tripel Pythagoras dapat dibentuk menjadi segitiga siku-siku
Sedangkan (2) dan (4) tidak sama
20. * Indikator SKL
     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas bangun datar.

      * Indikator Soal
          Menghitung luas gabungan beberapa bangun datar

* Soal
      Perhatikan gambar berikut!

Luas daerah yang diarsir pada gambar di atas adalah ....
            A. 152 m2                    C. 172 m2
            B. 160 m2                    D. 180 m2

* Kunci jawaban : A

* Pembahasan
                               
21. * Indikator SKL
Menghitung keliling bangun datar dan penggunaan konsep keliling dalam kehidupan sehari-hari

      * Indikator Soal           
          Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan keliling bangun datar

      * Soal
Kebun berbentuk belahketupat, panjang kedua diagonalnya 24 m dan 18 m. Di sekelilingnya ditanami pohon dengan jarak antar pohon 3 m. Banyak pohon adalah ...
      A. 14                                 C. 20
      B. 15                                 D. 28



      * Kunci jawaban : C


 
      * Pembahasan
Panjang sisi  (S) = = 15 m
Keliling = 4 x 15 m = 60 m
Banyak pohon = 60 m : 3 m = 20 pohon

22. * Indikator SKL
     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan hubungan dua garis, besar dan jenis
     sudut, serta sifat sudut yang terbentuk dari dua garis yang di potong garis lain.

      * Indikator Soal
Menentukan jenis – jenis sudut jika unsur yang diperlukan diketahui

      * Soal
    Diketahui besar Ð CBD = (2x+5)o dan ÐABD = (3x–25)º
    Jika sudut CBD dan ABD saling berpelurus, jenis sudut CBD adalah....
A. lancip                      C. tumpul
            B. siku-siku                 D. lurus

      * Kunci jawaban : A

      * Pembahasan

23. * Indikator SKL
     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan hubungan dua garis, besar dan jenis
     sudut, serta sifat sudut yang terbentuk dari dua garis yang di potong garis lain.

      * Indikator Soal
Menghitung besar sudut yang terbentuk pada dua garis berpotongan atau dua garis berpotongan garis lain serta sebuah sudutnya diketahui

      * Soal
Perhatikan gambar!


 
 







Nilai y pada gambar di atas adalah ....
A.    200                 C.  400
B.     300             D. 600

      * Kunci jawaban : B

      * Pembahasan
1200 + 3x0       = 1800 (sudut luar sepihak)
3x0                   = 600
2y0                   = 3x0 (sudut bertolak belakang)
2y0                   = 600
y0                     = 300

24. * Indikator SKL
     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan garis-garis istimewa pada segitiga.

      * Indikator Soal
          Menentukan nama garis istimewa pada segitiga dari gambar yang diberikan

      * Soal
Perhatikan gambar!







Garis CE adalah….
A. garis tinggi            C. garis sumbu
B. garis bagi               D. garis berat

      * Kunci jawaban : D

      * Pembahasan
            Cukup jelas

25. * Indikator SKL
    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan unsur-unsur/bagian-bagian lingkaran
    atau hubungan dua lingkaran.

      * Indikator Soal
         Menghitung luas juring jika unsur yang diperlukan diketahui



      * Soal
   Luas juring dengan sudut pusat 45o dan panjang jari-jari 14 cm adalah…
A.  77 cm2          C.  154 cm2    
B.  93 cm2          D.  308 cm2

      * Kunci jawaban : A

      * Pembahasan
Luas juring  =  × pr2   
( d = 28 cm, maka  r = 14 cm)
                                  =  ×  × 14 cm × 14 cm
                       =   77 cm2
26. * Indikator SKL
    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan unsur-unsur/bagian-bagian lingkaran
    atau hubungan dua lingkaran.

* Indikator soal
   Menghitung panjang garis singgung persekutuan luar jika unsur-unsur yang
   diperlukan diketahui

* Soal
Diketahui 2 lingkaran yang pusatnya P dan Q, dengan jarak PQ = 17 cm. Panjang jari-jari lingkaran berturut-turut dengan pusat P 11,5 cm dan pusat Q 3,5 cm. Panjang garis singgung persekutuan luarnya adalah....
A. 8 cm                      C. 15 cm
  B. 12 cm                    D. 16 cm

* Kunci jawaban:  C

* Pembahasan
                      Diketahui ; S =  PQ = 17 cm, R= 11,5  dan r = 3,5 cm                     
       l =
         =
                =  = 15 cm

27. * Indikator SKL
    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kesebangunan atau kongruensi.

      * Indikator Soal
  Menentukan sisi-sisi yang bersesuaian atau sama bila diberikan dua buah bangun yang sebangun atau kongruen
      * Soal
   Perhatikan gambar !
               C                          D

                           E       


            A                                         B
Pasangan sisi yang mempunyai perbandingan sama adalah….
            A.  =  =              C. =  =
            B.  = =               D. =  =

            * Kunci jawaban: A

            * Pembahasan
      Sudut yang sama:
      ÐA = ÐD(dalam berseberangan)
      ÐB = ÐC (dalam berseberangan)
      ÐAEB = ÐDEC (bertolak belakang), maka
             =  =   

28. * Indikator SKL
         Menyelesaikan masalah dengan menggunakan konsep kesebangunan

      * Indikator Soal
          Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan  dengan kesebangunan

      * Soal
Sebuah foto berukuran alas 20 cm dan tinggi 30 cm ditempel pada sebuah karton yang berbentuk persegipanjang. Jika foto dan karton sebangun dan lebar karton disebelah kiri, kanan dan atas foto 2 cm, maka lebar karton di bawah foto adalah... .
A. 2 cm           C. 4 cm
B. 3 cm            D. 6 cm

      * Kunci jawaban : C
      * Pembahasan
          
            (Tk = Tinggi karton)
          Lebar bagian bawah (x) = 36 –2 –30 = 4 cm
29. * Indikator SKL
    Menentukan unsur-unsur pada bangun ruang.

      * Indikator Soal
          Menentukan banyak rusuk atau sisi pada prisma atau limas

      * Soal
Banyak  sisi dan rusuk pada  limas dengan alas segi-9  adalah ….
A. 10 dan 18             C. 10 dan 27
B. 11 dan 18             D. 11 dan 27

    * Kunci jawaban: A
    * Pembahasan
Banyak sisi          = alas + sisi tegak
                            =   1   +  9    =  10
Banyak rusuk      = rusuk alas + rusuk tegak
                            =   9   +  9    =  18
30. * Indikator SKL
    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kerangka atau jaring-jaring bangun
    ruang.

      * Indikator Soal
Diberikan gambar  rangkaian persegi, siswa dapat menentukan rangkaian yang merupakan jaring-jaring kubus.

      * Soal
Dari rangkaian persegi berikut,



 








            yang merupakan jaring-jaring kubus adalah ....
                        A. 1 dan 3                   C. 2 dan 3
                        B. 1 dan 4                   D. 2 dan 4

* Kunci jawaban: B

* Pembahasan
Cukup jelas
(gambar 1 dan 4 dapat membentuk kubus tertutup)
(gambar 2 dan 3 tidak dapat membentuk kubus tertutup)
31. * Indikator SKL
  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume bangun ruang.

      * Indikator Soal
          Menghitung volume kubus, balok, prisma, atau limas

      * Soal
Alas sebuah limas berbentuk persegi dengan keliling 40 cm dan tinggi limas 12 cm. Volum limas tersebut adalah ….
A. 400 cm3                        C. 1200 cm3
B.480 cm3                                  D. 1440 cm3

* Kunci jawaban: A

* Pembahasan
   Diketahui : sisi alas = 40 : 4 = 10 cm
                        V = x La x t
                           =  x ( 10 x 10) x 12 =  400 cm 

32. * Indikator SKL
  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume bangun ruang.

      * Indikator Soal
Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan volume bangun ruang sisi sisi datar

      * Soal
Sebuah bak air berbentuk prisma, alasnya  belah ketupat dengan panjang diagonalnya 18 dm dan  24 dm. Jika tinggi bak 1 m,  volume air dalam bak tersebut jika penuh adalah ….
A.1080 liter               C. 2062 liter
B.1296 liter               D. 2160 liter

* Kunci jawaban: D

* Pembahasan
L.a = dm2. dan  t = 1 m = 10 dm
          V. air   = L.a x t = 216 × 10 = 2160 dm3 = 2160 liter

33. * Indikator SKL
  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas permukaan bangun ruang.


      * Indikator Soal
          Menghitung luas tabung, kerucut, atau bola (GABUNGAN 2 BANGUN)
      * Soal
   Perhatikan  gambar yang terbentuk dari kerucut dan tabung!     


 


                                                         
                                                39 cm

                         
               15 cm


                                14 cm
Luas permukaan bangun tersebut adalah ....   (p =)
A. 1.210 cm                          C. 1.364 cm
B. 1.342 cm                          D. 1.518 cm

* Kunci jawaban: C

* Pembahasan
    Diketahui :  d = 14 cm,  r = 7 cm,  t(tabung ) = 15 cm dan
t(kerucut)    = (39–15) = 24 cm
                   s    = = 25 cm
                   L  = L. lingkaran + L. selimut tabung + L. selimut kerucut
                               L   = pr2  + 2prt + prs
                                    =  ×  ( 7 × 7) + (2 ×× 7 × 15) + (× 7 × 25)
                      =  (154  + 660 +  550) cm2
                      =    1.364 cm
        
34. * Indikator SKL
  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas permukaan bangun ruang.

      * Indikator Soal
          Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan luas bangun ruang sisi lengkung

      * Soal
Atap sebuah gedung  berbentuk belahan bola dengan panjang dimeter 14 m.  Atap gedung tersebut akan di cat dengan biaya Rp.200,000,00 setiap m2. Berapa biaya yang diperlukan untuk mengecat gedung itu?
A. Rp.54.800.000,00
B. Rp.61.600.000,00
C. Rp.63.400.000,00
D. Rp.65.600.000,00
      * Kunci jawaban : B

      * Pembahasan
          Luas belahan bola =
              =(4 x x 7 x7) = 308 m2
          Biaya   = 308 x Rp200.000,00 = Rp61.600.000,00

35. * Indikator SKL
Menentukan ukuran pemusatan dan menggunakan dalam menyelesaikan masalah sehari-hari

      * Indikator Soal
          Menghitung mean, median, atau modus data   tunggal pada tabel frekuensi

      * Soal
Perhatikan tabel!
Nilai
3
4
5
6
7
8
9
10
Frekuensi
2
6
4
8
6
7
5
2
Median dari data pada tabel  di atas adalah ….
      A. 6                   C. 7
      B. 6,5                D. 7,5

      * Kunci jawaban: B

      * Pembahasan
Mediannya      =    
=   = 6,5
    (karena 40 data, jika diurutkan suku tengahnya adalah ke-20 dan 21)
  

36. * Indikator SKL
Menentukan ukuran pemusatan dan menggunakan dalam menyelesaikan masalah sehari-hari

      * Indikator Soal
           Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan  nilai rata-rata





      * Soal
Tinggi  rata-rata 8 orang pemain Volly adalah 176 cm. Setelah  2 orang keluar dari tim Volly, tinggi rata-ratanya menjadi 175 cm. Tinggi rata-rata pemain yang keluar itu adalah ….
A. 169 cm       C. 174 cm
B. 171 cm        D. 179 cm

      * Kunci jawaban : D

      * Pembahasan
Jumlah tinggi pemain yang keluar
= (8 ´ 176)(6 ´175) = 358 cm
Tinggi rata-rata = 358 : 2 = 179 cm
     
37. * Indikator SKL
Menentukan ukuran pemusatan dan menggunakan dalam menyelesaikan masalah sehari-hari

      * Indikator Soal
          Menafsirkan data yang disajikan dalam bentuk tabel frekuensi

      * Soal
Perhatikan tabel berikut :
Nilai
4
5
6
7
8
Frekuensi
2
7
5
4
2
Banyak siswa yang mendapat nilai lebih dari nilai rata-rata adalah ….
                A. 5 orang       C. 7 orang
B. 6 orang       D. 11 orang

      * Kunci jawaban:  D

      * Pembahasan
         Nilai rata-rata = 5, 85
         Nilai lebih dari 5,85 yaitu nilai 6, 7 dan 8
         Banyak siswa yang mendapat nilai lebih dari rata-rata= 5 + 4 + 2 = 11 orang
    
38. * Indikator SKL
   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penyajian atau penafsiran data.
      * Indikator Soal
Siswa dapat menafsirkan data yang disajikan dalam bentuk diagram batang, diagram lingkaran, atau diagram garis




      * Soal
Data penjualan beras dari toko sembako pada lima hari minggu pertama bulan Januari adalah sebagai berikut



 
     







          Rata-rata banyak beras yang terjual setiap hari pada minggu tersebut adalah ….
                     A. 35 kwintal         C. 42 kwintal
                  B. 40 kwintal         D. 44 kwintal
      * Kunci jawaban: C

      * Pembahasan
Rata-rata  beras terjual =  = = 42 kwintal

39. * Indikator SKL
         Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang suatu  kejadian

      * Indikator Soal
          Menentuan peluang suatu kejadian tertentu pada suatu percobaan

      * Soal
Dalam percobaan melempar 2 buah dadu, peluang muncul mata dadu berjumlah 8
 adalah ...
A.             C.
B.               D.

      * Kunci jawaban: A

      * Pembahasan
Mata dadu berjumlah 8 = (2,6), (3,5), (4,4), (5,3), (6,2)  atau ( 5 kemungkinan )
      

40. * Indikator SKL
         Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang suatu  kejadian

      * Indikator Soal
          Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan peluang

      * Soal
Dalam suatu kantong berisi 10 kelereng kuning, 5 kelereng putih dan 26 kelereng biru. Satu kelereng diambil berwarna putih dan tidak dikembalikan lagi. Jika diambil lagi secara acak, nilai kemungkinan terambil kelereng putih lagi adalah  . . .  .
   A.                     C.
   B.                    D.

* Kunci jawaban: A

* Pembahasan
                                                 .                                        =