PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA
TENTANG GARIS DAN SUDUT
MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD
BAGI SISWA KELAS 7 A SMP NEGERI 1 KEDUNGBANTENG
PADA SEMESTER 2 TAHUN 2011/2012
Diajukan pada penilaian angka kredit unsur pengembangan profesi guru
untuk kenaikan pangkat dari golongan IV/a ke IV/b
Oleh
RINA MUHARTI, S.Pd
PEMERINTAH KABUPATEN BANYUMAS
DINAS PENDIDIKAN
SMP NEGERI 1 KEDUNGBANTENG
Jl. Raya Kedungbanteng Kab. Banyumas *
53152 ( (0281) 7638077
2012
LEMBAR PENGESAHAN
Yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama :
RINA MUHARTI, S.Pd
NIP :
19710304 199802 2 002
Instansi :
SMP Negeri 1 Kedungbanteng
Pangkat/ Gol :
Pembina, IV/a
Jabatan :
Guru
Telah melakukan penelitian dengan
judul Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Matematika Tentang Garis dan Sudut
Melalui Model Cooperative Tipe STAD Bagi Siswa Kelas 7A SMP Negeri 1
Kedungbanteng Pada Semester 2 Tahun 2011/2012.
Banyumas, Februari
2013
Penulis
RINA
MUHARTI, S.Pd
NIP
19710304 199802 2 002
Disahkan Oleh:
Kepala
Sekolah Kepala
Perpustakaan
SMP Negeri
1 Kedungbanteng SMP
Negeri 1 Kedungbanteng
AMIR DAHLAN,
S.Pd NENENG
ISMOWATI, S.Pd
NIP 19610228
198102 1 001 NIP 19610606 198412 2 004
Ketua
PGRI
Kabupaten
Banyumas
Drs.
TAKDIR WIDAGDO, SH, M.Si
NPA.PGRI.1206000001
KATA PENGANTAR
Puji syukur senantiasa penulis
panjatkan kehadirat Allah SWT atas limpahan rakhmat dan karuniaNya karena akhirnya
penulis dapat menyelesaikan laporan penelitian tindakan kelas ini yang
mengambil judul Peningkatan Minat Dan Hasil
Belajar Matematika Tentang Garis dan Sudut Melalui Model Cooperative
Learning Tipe STAD Bagi Siswa Kelas 7A SMP Negeri 1 Kedungbanteng Pada Semester 2 Tahun 2011/2012.
Penulis menyadari bahwa tersusunnya laporan ini tidak lepas dari bantuan
dari segala pihak, untuk itu penulis sampaikan ucapan terima kasih yang
sedalam-dalamnya kepada :
1.
Bapak Dibyo Yuwono, S.Pd, selaku
Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Kedungbanteng yang telah memberikan izin.
2.
Urusan Perpustakaan SMP Negeri 1
Kedungbanteng yang memberikan izin untuk memberikan pinjaman buku-buku sebagai
referensi penyusunan laporan ini.
3.
Rekan-rekan guru SMP Negeri 1
Kedungbanteng yang telah memberikan dukungan dan banyak membantu demi
kelancaran penelitian ini.
4.
Suami dan anak-anakku tercinta
(Weldika,Weldiana dan Weldielvin) atas segala dukungan dan dorongan mental
maupun material sehingga laporan ini dapat tersusun.
5.
Segala pihak yang tidak dapat
penulis sebutkan satu persatu.
Banyumas, Maret 2012
Penulis
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL ………………………………………………………
i
LEMBAR PENGESAHAN ………………………………………………. ii
KATA PENGANTAR …………………………………………………… iii
DAFTAR ISI ……………………………………………………………… iv
DAFTAR TABEL ………………………………………………………. vii
DAFTAR GAMBAR …………………………………………………….. ix
DAFTAR LAMPIRAN ……………………………………………………. x
ABSTRAK ……………………………………………………………….. xii
BAB I PENDAHULUAN ………………………………………………. 1
A.
Latar Belakang Masalah ……………………………………… 1
B.
Identifikasi Masalah ……………………………………………. 4
C.
Pembatasan Masalah ………………………………………… 4
D.
Rumusan Masalah …………………………………………… 6
E.
Tujuan Penelitian ……………………………………………. 6
F.
Manfaat Penelitian ………………………………………….. 8
BAB II KAJIAN
TEORI DAN PENGAJUAN HIPOTESIS TINDAKAN 10
A.
Kajian Teori ………………………………………………… 10
1. Minat
Belajar Matematika……. …………………………….. 10
2.
Hasil Belajar
Matematika …………………………………. 27
3. Model
Cooperative learning tipe STAD ……………..……. 31
B.
Kerangka Berpikir …………………………………………… 35
C.
Hipotesis Tindakan ………………………………………….. 36
BAB III METODOLOGI
PENELITAN ……………………………….. 38
A.
Setting Penelitian …………………………………………… 38
B.
Subyek Penelitian dan Obyek
Penelitian……………………… 39
C.
Desain Penelitian
…………………………………………….. 40
D.
Sumber Data ……………………………………………….. 42
E.
Teknik dan Alat Pengumpulan Data ………………………… 42
F.
Validasi Data ………………………………………………. 44
G.
Analisis Data ……………………………………………….. 44
H.
Indikator Keberhasilan ……………………………………………… 45
I.
Prosedur Tindakan …………………………………………. 46
BAB IV HASIL
TINDAKAN DAN PEMBAHASAN ………………… 56
A.
Pembelajaran Sebelum Pelaksanaan
………………………….. 56
B.
Deskripsi Kondisi Awal ……………………………………. 57
C.
Pelaksanaan Tindakan Siklus 1 ………… …………………….. 59
D.
Pelaksanaan Tindakan Siklus 2…………. ……………………. 77
E.
Pembahasan Hasil Penelitian ………………………………. 95
BAB V PENUTUP ………………………………………………………..... 105
A.
Simpulan ………………………………………………….. 105
B.
Keterbatasan Penelitian………………………………………… 106
C.
Saran ……………………………………………………………. 107
DAFTAR PUSTAKA ……………………………………………....... 108
LAMPIRAN-LAMPIRAN …………………………………………………… 110
DAFTAR TABEL
Tabel halaman
1.
Alokasi Waktu Penelitian ……………………………………………….. 39
2.
Pembagian Kelompok STAD
…………………………………………….. 56
3.
Nilai Ulangan Harian Kondisi Awal ……………………………………. 58
4.
Indikator Materi Siklus 1
…………………………………………………. 60
5.
Rangkuman Rencana Siklus 1
…………………………………………… 60
6.
Rangkuman Pelaksanaan Tindakan
Siklus 1 …………………………….. 62
7.
Hasil Nilai Individu dan Kelompok
Siklus 1……………………………….. 67
8.
Data Minat Belajar Matematika
Siswa Siklus 1……………………………. 70
9.
Hasil Belajar Matematika Siswa
Siklus 1 …………………………………. 71
10. Hasil Refleksi Minat Belajar Matematika Kondisi Awal dan Siklus
1 …… 72
11. Refleksi Hasil Belajar Matematika Siklus 1 …………….………………… 75
12. Hasil Rekap Wawancara Siswa Siklus 1 …………………………………. 76
13. Indikator Materi Siklus 2 …………………………………………………. 78
14. Rangkuman Rencana Siklus 2 ……………………………………………. 78
15. Rangkuman Pelaksanaan Tindakan Siklus 2 …………………………….. 80
16. Hasil Nilai Individu dan Kelompok Siklus 2 ……………………………….. 85
17. Data Minat Belajar Matematika Siswa Siklus 2……………………………. 88
18. Hasil Belajar Matematika Siklus 2 ………………………………………… 89
19. Hasil Refleksi Minat Belajar Matematika Siklus 1 dan Siklus 2…………… 91
20. Refleksi Hasil Belajar Matematika Siklus 1 dan Siklus 2 ………………….. 93
21. Hasil Rekap Wawancara Siswa Siklus 1 dan Siklus 2 ……………………. 94
22. Hasil Penghargaan Tiap Kelompok ………………………………………... 98
23. Hasil Minat Belajar Matematika Tiap Tindakan ……………… ………….. 100
24. Hasil Belajar Matematika Tiap Tindakan ……………. …………………… 103
DAFTAR GAMBAR
Gambar halaman
1.
Grafik Nilai Ulangan Harian
Kondisi Awal ……………………….. ……… 59
2.
Siswa Sedang Aktif Berdiskusi ………………………………......... ………. 64
3.
Persentasi Perwakilan dari
Kelompok A…………………………………. .. 65
4.
Siswa Sedang Serius Mengikuti Test
Individu…………………………. … 66
5.
Grafik Hasil Belajar Matematika
Siklus 1 …………………………………. 72
6.
Gaya Siswa Berdiskusi……………………………………………………... 82
7.
Presentasi Perwakilan dari
Kelompok B……………………………………. 83
8.
Suasana Test Individu Siklus
2……………… …………………………… 84
9.
Grafik Hasil Belajar Matematika
Siklus 2 ……………………………. 90
DAFTAR LAMPIRAN
Lampiran
1.
Surat Ijin Penelitian ………………………… ……………………………. 1
2.
Data Kondisi Awal
2a. Data Minat
Belajar Kondisi Awal …………………………………
2
2b. Data Nilai
Ulangan Harian Kondisi Awal…………………………. 3
3.
Data Siklus 1
3a. Angket Minat
Belajar Matematika………………………………... 4
3b. Contoh
Lembar Jawaban Angket Minat Belajar Matematika…... …. 5
3c. Data Minat
Belajar Matematika Siklus 1…………………………. …
6
3d. Contoh Hasil Wawancara Siswa Siklus
1………………………….. 7
3e. Contoh Angket Sikap Siswa Siklus 1………………………………..
8
3f. Contoh Learning Log Siswa Siklus 1………………………………..
9
3g. Kisi-kisi
Soal Test Individu Siklus 1………………………………..
10
3h. Soal Test
Individu Siklus 1………………………………………….
11
3i. Kunci
Jawaban dan Pedoman Penilaian Test Individu Siklus 1…. …. 12
3j. Contoh
Lembar Jawaban Test Individu Siswa Siklus 1…………... 13
3k. Daftar
Hadir Kelas 7A Siklus 1…………………………………….
14
3l. Daftar
Nilai Test Individu Siklus 1…………………………………
15
3m. RPP K.D 5.1
Siklus 1……………………………………………….. 16
4.
Data Siklus 2
4a. Contoh
Lembar Jawaban Angket Minat Belajar Matematika…... …. 17
4b. Data Minat
Belajar Matematika Siklus 2…………………………. … 18
4c. Contoh Hasil Wawancara Siswa Siklus 2………………………….. 19
4d. Contoh Angket Sikap Siswa Siklus 2……………………………….. 20
4e. Contoh Learning Log Siswa Siklus 2……………………………….. 21
4f. Kisi-kisi
Soal Test Individu Siklus 2………………………………..
22
4g. Soal Test
Individu Siklus 2………………………………………….
23
4h. Kunci
Jawaban dan Pedoman Penilaian Test Individu Siklus 2…. …. 24
4i. Contoh
Lembar Jawaban Test Individu Siswa Siklus 2…………... 25
4j. Daftar
Hadir Kelas 7A Siklus 2…………………………………….
26
4k. Daftar
Nilai Test Individu Siklus 2…………………………………
27
4l. RPP K.D
5.1 Siklus 2………………………………………………..
28
5.
Catatan Harian Dalam Pelaksanaan
PTK
6.
Foto-foto Kegiatan Pembelajaran
ABSTRAK
Tujuan penelitian
tindakan kelas adalah untuk meningkatkan minat dan hasil belajar Matematika tentang
garis dan sudut bagi siswa kelas 7A SMP Negeri 1 Kedungbanteng pada semester 2
tahun pelajaran 2011/2012 melalui model cooperative learning tipe STAD.
Sebagai subyek
penelitian tindakan kelas kali ini adalah siswa kelas 7, khususnya kelas 7A SMP
N 1 Kedungbanteng pada semester 2 tahun pelajaran 2011/2012. Jumlah siswa kelas
7A adalah 27, yang terdiri dari 16
laki-laki dan 11 perempuan.
Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas.
Banyaknya tindakan adalah dua tahap dalam dua siklus . Tiap siklus yang dilaksanakan
disesuaikan dengan indikator yang akan dicapai. Tiap siklus terdiri dari empat
tahapan tindakan yaitu (1) Perencanaan (Planning), (2) Tindakan (Acting), (3)
Pengamatan (Observing), dan (4) Refleksi (Reflecting). Analisis data
menggunakan deskriptif komparatif yang dilanjutkan dengan refleksi.
Hasil
penelitian menunjukkan bahwa melalui model cooperative learning tipe STAD dapat
meningkatkan minat dan hasil belajar Matematika
tentang garis dan sudut bagi siswa kelas 7A SMP Negeri 1 Kedungbanteng pada semester
2 tahun pelajaran 2011/2012. Dari
kondisi awal minat belajarnya rendah menjadi kondisi akhir minat belajarnya
tinggi. Hal ini ditunjukkan dengan siswa
lebih aktif, lebih semangat, rajin
membuat catatan materi pelajaran matematika, mengerjakan soal-soal matematika
secara berkelompok, dan siswa lebih siap dalam menerima pembelajaran dengan
ceria. Dan dari hasil belajar nya diperoleh bahwa pada kondisi awal nilai
rata-ratanya 51,96 menjadi 70,56 pada kondisi akhir (naik 18,6) dan ketuntasan
belajarnya 13% pada kondisi awal menjadi 81% pada kondisi akhir (naik 68%).
Pada kondisi akhir ketuntasan belajar kelasnya sudah tercapai karena sudah
melampaui target indikator keberhasilan yang sudah ditentukan yaitu 80%.
Kata Kunci : Model Cooperative learning tipe STAD,
Minat Belajar Matematika, Hasil Belajar Matematika
Tidak ada komentar:
Posting Komentar