PAKET 1
CONTOH SOAL
DAN PEMBAHASAN
MATEMATIKA
SMP/MTs TAHUN 2013
1. * Indikator
SKL
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan operasi tambah, kurang, kali, atau bagi
pada bilangan.
* Indikator Soal
Menentukan hasil operasi campuran bilangan
bulat
* Soal
Hasil
dari (– 12) : 3 + (–8) × (– 5)
adalah ....
A. – 44 C. 36
B. – 36 D.
44
* Kunci Jawaban: C
* Pembahasan
(– 12) : 3 + (–8) × (– 5) = – 4 + (40)
= 36
2. * Indikator
SKL
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan operasi tambah, kurang, kali, atau bagi
pada pecahan.
* Indikator Soal
Menyelesaikan soal cerita yang
berkaitan dengan operasi hitung bilangan pecahan
* Soal
Luas taman pak Ahmad 300 m2. bagian ditanami bunga
mawar, bagian ditanami bunga
melati, bagian ditanami bunga
anyelir, dan sisanya dibuat kolam.
Luas kolam adalah ....
A. 45 m2 C. 65 m2
B. 55 m2 D. 75 m2
* Kunci jawaban: C
* Pembahasan
Bagian untuk kolam adalah 1 – (++) = 1 – ( + + )
= 1 – =
Luas kolam = × 300 m2 = 65 m2
3. * Indikator SKL
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan.
* Indikator Soal
Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan perbandingan senilai
* Soal
Sebuah mobil memerlukan 15 liter bensin
untuk menempuh jarak sejauh 180 km. Jika tangki mobil tersebut berisi 20 liter
bensin, jarak yang dapat ditempuh adalah ....
A. 320 km C.
230 km
B. 240 km D.
135 km
* Kunci jawaban: B
* Pembahasan
15 liter → 180 km
20 liter → km = 240 km
Jarak yang dapat ditempuh dengan 20 liter bensin adalah
240 km.
4. * Indikator SKL
Menyelesaikan masalah berkaitan dengan
bilangan berpangkat atau bentuk akar
* Indikator Soal
Menentukan bentuk akar ke pangkat pecahan
atau sebaliknya
* Soal
Jika ditulis menjadi bilangan berpangkat dengan
bilangan pokok 3 adalah...
a. c.
b. d.
* Kunci jawaban: A
* Pembahasan
Nilai
dari =
5. * Indikator SKL
Menyelesaikan masalah berkaitan dengan
bilangan berpangkat atau bentuk akar
* Indikator Soal
Menentukan hasil penjumlahan dan pengurangan bilangan bentuk akar
* Soal
Hasil dari adalah….
A. 13 C. 9
B. 11 D. 6
* Kunci jawaban: B
* Pembahasan
Hasil dari =
=
= 11
6. * Indikator SKL
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan perbankan atau koperasi
* Indikator Soal
Menentukan besar bunga pertahun, jika unsur yang diperlukan
diketahui
* Soal
Andi menabung uang sebesar Rp1.600.000,00 di Bank. Setelah 9 bulan uangnya
menjadi Rp1.672.000,00. Persentase
bunga per tahunnya adalah…..
A. 6% C.
9%
B. 8% D.
12%
* Kunci jawaban: A
* Pembahasan
Bunga diterima =
Rp1.672.000,00 – Rp1.600.000,00 = Rp72.000,00
Bunga selama 1 tahun =
Rp72.000,00 = Rp96.000,00
Persentase
bunga pertahun = 100% = 6%
7. * Indikator SKL
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan barisan bilangan dan deret.
* Indikator Soal
Menentukan 2 suku berikutnya dari
pola bilangan yang diberikan
* Soal
Dua suku berikutnya dari barisan bilangan 20, 17, 13, 8, … adalah ….
A. 5, 2 C. 2, –7
B. 5, 0 D. 1, –8
* Kunci jawaban: C
* Pembahasan
20,
17, 13, 8, 2,
–5...
–3 –4 –5
–6 –7
8. * Indikator SKL
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan barisan bilangan dan deret.
* Indikator Soal
Menentukan Un, jika unsur yang
diperlukan diketahui dari barisan
bilangan geometri
* Soal
Suku ke–8 dari barisan 243, 81, 27, 9,… adalah…..
A. C.
B. D.
* Kunci jawaban: B
* Pembahasan
Diketahui : a = 243, r = , n = 8
Suku ke–8 = ? Un
= a.r n-1
U8 = 243 ×
= 243 × , Jadi suku ke–8 =
9. * Indikator SKL
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan barisan bilangan dan deret.
* Indikator Soal
Menentukan jumlah n suku pertama deret aritmatika, jika unsur yang diperlukan diketahui
* Soal
Diketahui barisan aritmetika dengan suku
ke-2 = 46 dan suku ke-5 = 34. Jumlah 25
suku pertama barisan itu adalah...
A. 96 C. 0
B. 50 D. - 54
* Kunci jawaban: B
* Pembahasan
U5 = a +
(5 –1)b Þ
a + 4b = 34 ...(1)
U2
= a + (2 –1)b Þ a
+ b =
46
–..(2)
3b = –
12
atau b
= –4
(1) a
+ 4b =
34
a + 4(–4)
= 34
a – 16 =
34 jadi
a = 50
Sn = ½ n (2a + (n–1)b)
S25 =
½ ×25 (2×50 + (25 – 1) × –4)
=
½ ×25 (100 – 96)
= ½ × 25×4
= 50
10. * Indikator SKL
Menentukan pemfaktoran bentuk aljabar.
* Indikator Soal
Menentukan faktor persekutuan
* Soal
Faktor dari
x2 – 25x adalah ….
A. 5x (x
– 25) C.
(x – 5)(x +5)
B. (x +
5)(x– 5) D. x (x –25)
* Kunci jawaban: D
* Pembahasan
x2 – 25x = x (x –
25), karena yang bersekutu adalah x
11. * Indikator SKL
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
persamaan linier atau pertidaksamaan
linier satu variabel.
* Indikator Soal
Menyelesaikan persamaan
linier satu variabel bentuk pecahan
* Soal
Penyelesaian
dari ( x – 4) = 4 + x adalah…..
A. x = – 20 C. x =
10
B. x
= – 10 D. x = 20
* Kunci jawaban: A
* Pembahasan
( x – 4) =
4 +
x …….kedua ruas × 10
5x – 20 = 40 + 8x
5x – 8x = 40 + 20
–3x = 60
x = – 20
12. * Indikator SKL
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan himpunan
* Indikator Soal
Menentuka irisan atau gabungan dua
himpunan
* Soal
Diketahui A = {x | x < 10, x bilangan prima} dan
B = {x | 1 < x < 10, x bilangan ganjil}.
AB adalah ….
A. { 3, 4,
5 } C. { 2, 3, 5 }
B. { 3, 5,
7 } D. {1, 3, 5, 7
}
* Kunci jawaban: B
* Pembahasan
A = {x | x < 10, x bilangan prima},
maka A={2,3,5,7},
B = {x |1< x < 10, xbilangan ganjil}, maka
B={3,5,7,9}
AB = {3,5,7}
13. * Indikator SKL
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan himpunan
* Indikator Soal
Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan irisan atau
gabungan dua himpunan
* Soal
Dari 143 siswa, 95 siswa senang matematika, 87 siswa senang
fisika, dan 60 siswa senang keduanya. Banyak siswa yang tidak senang matematika
maupun fisika adalah ….
A. 21 orang C. 35 orang
B. 27 orang D. 122 orang
* Kunci jawaban: A
* Pembahasan
Misal: yang senang
matematika adalah A, dan yang senang fisika adalah B, maka:
n(S) = n(A) + n(B) – n(AB) + n(AÈB)C
143 = 95 + 87 – 60 + n(AÈB)C
143 = 122 + n(AÈB)C
n(AÈB)C = 143 – 122
n(AÈB)C = 21
Jadi, siswa yang tidak senang matematika maupun fisika ada
21 orang.
14. * Indikator SKL
Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan fungsi
* Indikator Soal
Menentukan fungsi dari suatu relasi
dua himpunan dalam bentuk diagram panah/ himpunan pasangan berurutan/ diagram
cartesius
* Soal
Diketahui himpunan
pasangan berurutan :
(1). {(1, a), (2, a), (3, a), (4,
a) }
(2). {(1, a), (1, b), (1, c), (1, d) }
(3). {(1, a), (2, a), (3, b), (4, b) }
(4). {{1, a), (2, b), (1, c), (2, d) }
Himpunan pasangan berurutan yang merupakan pemetaan/fungsi
adalah ....
A.
(1) dan (2) C. (2) dan (3)
B.
(1) dan (3) D. (2) dan (4)
* Kunci
Jawaban : B
* Pembahasan
Pemetaan/fungsi dari
himpunan A ke himpunan B adalah relasi yang memasangkan setiap anggota A dengan
tepat satu anggota B, (1) dan (3) memenuhi syarat sebagai pemetaan/fungsi
15. * Indikator SKL
Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan fungsi
* Indikator Soal
Menentukan nilai c, jika nilai f(c)
dan rumus fungsi diketahui
* Soal
Diketahui f(x) = 6 – 3x. Jika f(a) = –
15, maka nilai a adalah….
A. – 7 C. 3
B.
– 3 D. 7
* Kunci jawaban: D
* Pembahasan
f(a) = 6 – 3a
f(a)
= – 15
Persamaan 6 – 3a
= – 15 – 3a = – 21 a = –21 : –3 = 7
16. * Indikator SKL
Menentukan gradien, persamaan
garis dan grafiknya
* Indikator Soal
Menentukan gradien garis dari gambar
* Soal
Perhatikan grafik berikut:
Gradien garis l
adalah ....
A. – C.
B. – D.
* Kunci jawaban : B
* Pembahasan
Gradien negatif karena garis miring kekiri
m == –
17. * Indikator SKL
Menentukan gradien, persamaan garis dan grafiknya
* Indikator Soal
Menentukan persamaan garis yang melalui satu titik dan
sejajar atau tegak lurus garis lain
* Soal
Persamaan garis melalui titik (–4,
–2) dan tegak lurus dengan garis 2x + 6y – 12 = 0 adalah ....
A.
3y – x = – 2
B.
3y + x = – 10
C.
y – 3x = 10
D.
y + 3x = – 14
* Kunci jawaban: C
* Pembahasan
Gradien garis dengan persamaan 2x + 6y – 12 = 0 adalah ( m1
= )
Syarat garis yang tegak lurus m1 ×m2
= –1, jadi m2 = –1 : = 3.
Persamaan garis melalui titik (–4, –2) dan tegak lurus
dengan garis 2x + 6y – 12 = 0 adalah : x1 =
–4, y1 = –2 dan m2 = 3.
18. * Indikator SKL
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan
linier dua variabel.
* Indikator
Soal
Menentukan penyelesaian dari SPLDV
* Soal
Penyelesaian dari sistem persamaan x – 3y = 1 dan x – 2y =
2 adalah x dan y. Nilai 2x – 5y adalah ....
A.
– 7 C. 3
B.
– 3 D. 7
* Kunci jawaban : C
* Pembahasan
x – 3y = 1
x – 2y = 2 –
-y = -1 ® y = 1
x – 2y = 2 ® x = 2y + 2 ® x = 4
Jadi penyelesaiannya x = 4 dan y = 1
2x
– 5y = 2 (4) – 5 (1) = 8 – 5 = 3
19. * Indikator SKL
Menyelesaikan soal menggunakan teorema Pythagoras
* Indikator
Soal
Menentukan bilangan–bilangan yang
merupakan Tripel Pythagoras
* Soal
Perhatikan tripel bilangan berikut :
(1)
13 cm, 12 cm, 5 cm
(2)
6 cm, 8 cm, 11 cm
(3)
7 cm, 24 cm, 25 cm
(4)
20 cm, 12 cm, 15 cm
Yang dapat dibentuk menjadi segitiga siku-siku adalah ....
A.
(1) dan (2) C. (2) dan (3)
B.
(1) dan (3) D. (2) dan (4)
* Kunci jawaban : B
* Pembahasan
(1). 132 = 122 +
52
169 = 144 + 25
169 = 169
Jadi 13, 12, 5 merupakan tripel Pythagoras
(3). 252 = 242 +
72
625 = 576 + 49
625 = 625
Jadi 7, 24, 25 merupakan tripel Pythagoras
Tripel Pythagoras dapat
dibentuk menjadi segitiga siku-siku
Sedangkan
(2) dan (4) tidak sama
20. * Indikator SKL
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan luas bangun datar.
* Indikator
Soal
Menghitung luas gabungan beberapa bangun
datar
* Soal
Perhatikan gambar
berikut!
Luas daerah yang diarsir pada gambar di atas adalah ....
A. 152 m2 C.
172 m2
B. 160 m2 D.
180 m2
* Kunci jawaban
: A
*
Pembahasan
21. * Indikator SKL
Menghitung keliling
bangun datar dan penggunaan konsep keliling dalam kehidupan sehari-hari
* Indikator Soal
Menyelesaikan soal cerita yang
berkaitan dengan keliling bangun datar
* Soal
Kebun berbentuk belahketupat,
panjang kedua diagonalnya 24 m dan 18 m. Di sekelilingnya ditanami pohon dengan
jarak antar pohon 3 m. Banyak pohon adalah ...
A. 14 C. 20
B. 15 D. 28
* Kunci jawaban : C
* Pembahasan
Panjang sisi (S) = = 15 m
Keliling = 4 x 15 m = 60 m
Banyak pohon = 60 m : 3 m = 20 pohon
22. * Indikator SKL
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan hubungan dua garis, besar dan jenis
sudut, serta sifat sudut
yang terbentuk dari dua garis yang di potong garis lain.
* Indikator
Soal
Menentukan jenis – jenis sudut jika unsur yang diperlukan
diketahui
* Soal
Diketahui besar Ð CBD = (2x+5)o
dan ÐABD
= (3x–25)º
Jika
sudut CBD dan ABD saling berpelurus, jenis sudut CBD adalah....
A. lancip C. tumpul
B. siku-siku D. lurus
* Kunci jawaban : A
* Pembahasan
23. * Indikator SKL
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan hubungan dua garis, besar dan jenis
sudut, serta sifat
sudut yang terbentuk dari dua garis yang di potong garis lain.
* Indikator
Soal
Menghitung besar sudut yang terbentuk pada dua garis berpotongan
atau dua garis berpotongan garis lain serta sebuah sudutnya diketahui
* Soal
Perhatikan
gambar!
|
Nilai y pada gambar di atas adalah ....
A.
200 C. 400
B.
300 D. 600
* Kunci jawaban : B
* Pembahasan
1200 + 3x0 = 1800 (sudut
luar sepihak)
3x0 =
600
2y0 =
3x0 (sudut bertolak belakang)
2y0 =
600
y0 =
300
24. * Indikator SKL
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan garis-garis istimewa
pada segitiga.
* Indikator
Soal
Menentukan nama garis istimewa pada
segitiga dari gambar yang diberikan
* Soal
Perhatikan gambar!
Garis CE adalah….
A. garis tinggi
C. garis sumbu
B. garis bagi
D. garis berat
* Kunci jawaban : D
* Pembahasan
Cukup jelas
25. * Indikator SKL
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
unsur-unsur/bagian-bagian lingkaran
atau hubungan dua
lingkaran.
* Indikator
Soal
Menghitung luas juring jika unsur yang
diperlukan diketahui
* Soal
Luas juring dengan sudut pusat 45o
dan panjang jari-jari 14 cm adalah…
A. 77 cm2 C.
154 cm2
B. 93 cm2 D.
308 cm2
* Kunci jawaban : A
* Pembahasan
Luas juring = × pr2
( d = 28 cm,
maka r = 14 cm)
= × × 14 cm × 14 cm
= 77
cm2
26. * Indikator SKL
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
unsur-unsur/bagian-bagian lingkaran
atau hubungan dua
lingkaran.
* Indikator
soal
Menghitung panjang garis singgung
persekutuan luar jika unsur-unsur yang
diperlukan diketahui
* Soal
Diketahui 2 lingkaran yang pusatnya P dan Q,
dengan jarak PQ = 17 cm. Panjang jari-jari lingkaran berturut-turut dengan
pusat P 11,5 cm dan pusat Q 3,5 cm. Panjang garis singgung persekutuan luarnya
adalah....
A. 8 cm C.
15 cm
B. 12 cm D. 16 cm
* Kunci
jawaban: C
*
Pembahasan
Diketahui ; S = PQ
= 17 cm, R= 11,5 dan r = 3,5 cm
l =
=
= = 15 cm
27. * Indikator SKL
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kesebangunan atau
kongruensi.
* Indikator Soal
Menentukan sisi-sisi yang bersesuaian atau
sama bila diberikan dua buah bangun yang sebangun atau kongruen
* Soal
Perhatikan gambar !
C D
E
A B
Pasangan sisi yang mempunyai perbandingan sama
adalah….
A. = = C.
= =
B. = = D. = =
* Kunci
jawaban: A
* Pembahasan
Sudut yang sama:
ÐA = ÐD(dalam berseberangan)
ÐB = ÐC (dalam berseberangan)
ÐAEB = ÐDEC (bertolak belakang), maka
= =
28. * Indikator SKL
Menyelesaikan masalah dengan
menggunakan konsep kesebangunan
* Indikator Soal
Menyelesaikan soal cerita yang
berkaitan dengan kesebangunan
* Soal
Sebuah foto berukuran alas 20 cm dan
tinggi 30 cm ditempel pada sebuah karton yang berbentuk persegipanjang. Jika
foto dan karton sebangun dan lebar karton disebelah kiri, kanan dan atas foto 2
cm, maka lebar karton di bawah foto adalah... .
A. 2 cm C. 4 cm
B. 3 cm D. 6 cm
* Kunci jawaban : C
* Pembahasan
(Tk =
Tinggi karton)
Lebar bagian bawah
(x) = 36 –2 –30 = 4 cm
29. * Indikator SKL
Menentukan unsur-unsur pada bangun ruang.
* Indikator
Soal
Menentukan banyak rusuk atau sisi
pada prisma atau limas
* Soal
Banyak sisi dan
rusuk pada limas dengan alas segi-9 adalah ….
A. 10 dan 18 C. 10 dan 27
B. 11 dan 18 D. 11 dan 27
* Kunci jawaban: A
* Pembahasan
Banyak sisi = alas + sisi tegak
= 1
+ 9 = 10
Banyak rusuk = rusuk alas + rusuk tegak
= 9 +
9 = 18
30. * Indikator SKL
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
kerangka atau jaring-jaring bangun
ruang.
* Indikator
Soal
Diberikan gambar rangkaian persegi, siswa dapat menentukan
rangkaian yang merupakan jaring-jaring kubus.
* Soal
Dari
rangkaian persegi berikut,
yang
merupakan jaring-jaring kubus adalah ....
A. 1 dan 3 C. 2 dan 3
B.
1 dan 4 D. 2 dan 4
* Kunci
jawaban: B
*
Pembahasan
Cukup jelas
(gambar 1 dan 4 dapat membentuk kubus tertutup)
(gambar 2 dan 3 tidak dapat membentuk kubus tertutup)
31. * Indikator SKL
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan volume bangun ruang.
* Indikator
Soal
Menghitung volume kubus, balok,
prisma, atau limas
* Soal
Alas sebuah limas berbentuk
persegi dengan keliling 40 cm dan tinggi limas 12 cm. Volum limas tersebut
adalah ….
A. 400 cm3
C.
1200 cm3
B.480 cm3 D. 1440
cm3
* Kunci
jawaban: A
*
Pembahasan
Diketahui : sisi alas = 40 : 4 = 10 cm
V = x La x t
= x ( 10 x 10) x 12
= 400 cm
32. * Indikator SKL
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan volume bangun ruang.
* Indikator Soal
Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan volume bangun
ruang sisi sisi datar
* Soal
Sebuah bak air berbentuk prisma, alasnya belah ketupat
dengan panjang diagonalnya 18 dm dan 24 dm. Jika tinggi bak 1 m, volume air dalam bak tersebut jika penuh adalah ….
A.1080 liter C. 2062 liter
B.1296 liter D. 2160 liter
* Kunci
jawaban: D
*
Pembahasan
L.a = dm2. dan t = 1 m = 10 dm
V. air = L.a x t = 216 × 10 = 2160 dm3 = 2160 liter
33. * Indikator SKL
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas
permukaan bangun ruang.
* Indikator Soal
Menghitung luas tabung, kerucut, atau
bola (GABUNGAN 2 BANGUN)
* Soal
Perhatikan gambar yang terbentuk dari kerucut dan
tabung!
39 cm
15 cm
14 cm
Luas permukaan bangun tersebut
adalah .... (p =)
A. 1.210 cm C. 1.364 cm
B. 1.342 cm D. 1.518 cm
* Kunci jawaban:
C
*
Pembahasan
Diketahui : d = 14 cm,
r = 7 cm, t(tabung ) = 15 cm dan
t(kerucut) = (39–15) = 24 cm
s
= = 25 cm
L = L.
lingkaran + L. selimut tabung + L. selimut kerucut
L = pr2 + 2prt + prs
= × ( 7 × 7) + (2 ×× 7 × 15) + (× 7 × 25)
= (154 + 660 +
550) cm2
= 1.364 cm
34. * Indikator SKL
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas
permukaan bangun ruang.
* Indikator
Soal
Menyelesaikan soal cerita yang
berkaitan dengan luas bangun ruang sisi lengkung
* Soal
Atap sebuah gedung berbentuk belahan bola dengan panjang dimeter
14 m. Atap gedung tersebut akan di cat
dengan biaya Rp.200,000,00 setiap m2. Berapa biaya yang diperlukan
untuk mengecat gedung itu?
A. Rp.54.800.000,00
B. Rp.61.600.000,00
C. Rp.63.400.000,00
D. Rp.65.600.000,00
* Kunci jawaban : B
* Pembahasan
Luas belahan bola =
=(4 x x 7 x7) = 308 m2
Biaya = 308 x Rp200.000,00 = Rp61.600.000,00
35. * Indikator SKL
Menentukan ukuran
pemusatan dan menggunakan dalam menyelesaikan masalah sehari-hari
* Indikator
Soal
Menghitung mean, median, atau modus
data tunggal pada tabel frekuensi
* Soal
Perhatikan tabel!
Nilai
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
Frekuensi
|
2
|
6
|
4
|
8
|
6
|
7
|
5
|
2
|
Median dari data
pada tabel di atas adalah ….
A. 6 C. 7
B. 6,5 D. 7,5
* Kunci jawaban: B
* Pembahasan
Mediannya =
= = 6,5
(karena 40 data, jika diurutkan suku tengahnya adalah
ke-20 dan 21)
36. * Indikator SKL
Menentukan ukuran
pemusatan dan menggunakan dalam menyelesaikan masalah sehari-hari
* Indikator Soal
Menyelesaikan soal cerita yang
berkaitan dengan nilai rata-rata
* Soal
Tinggi rata-rata 8 orang pemain Volly adalah 176 cm.
Setelah 2 orang keluar dari tim Volly,
tinggi rata-ratanya menjadi 175 cm. Tinggi rata-rata pemain yang keluar itu
adalah ….
A. 169 cm C. 174 cm
B. 171 cm D. 179 cm
* Kunci jawaban : D
* Pembahasan
Jumlah tinggi pemain
yang keluar
= (8 ´ 176) – (6 ´175) = 358
cm
Tinggi rata-rata = 358 : 2 = 179 cm
37. * Indikator SKL
Menentukan ukuran
pemusatan dan menggunakan dalam menyelesaikan masalah sehari-hari
* Indikator
Soal
Menafsirkan data yang disajikan dalam
bentuk tabel frekuensi
* Soal
Perhatikan
tabel berikut :
Nilai
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
Frekuensi
|
2
|
7
|
5
|
4
|
2
|
Banyak siswa yang mendapat nilai
lebih dari nilai rata-rata adalah ….
A.
5 orang C. 7 orang
B. 6 orang D. 11 orang
* Kunci jawaban: D
* Pembahasan
Nilai rata-rata =
5, 85
Nilai lebih dari 5,85 yaitu nilai 6, 7 dan 8
Banyak siswa yang mendapat nilai lebih dari rata-rata= 5 +
4 + 2 = 11 orang
38. * Indikator SKL
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan penyajian atau penafsiran data.
* Indikator
Soal
Siswa dapat menafsirkan data yang disajikan dalam bentuk diagram batang,
diagram lingkaran, atau diagram garis
* Soal
Data penjualan beras dari toko
sembako pada lima hari minggu pertama bulan Januari adalah sebagai berikut
Rata-rata banyak
beras yang terjual setiap hari pada minggu tersebut adalah ….
A.
35 kwintal C. 42 kwintal
B.
40 kwintal D. 44 kwintal
* Kunci jawaban: C
* Pembahasan
Rata-rata beras
terjual = = = 42 kwintal
39. * Indikator SKL
Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan peluang suatu kejadian
* Indikator
Soal
Menentuan peluang suatu kejadian
tertentu pada suatu percobaan
* Soal
Dalam percobaan melempar 2 buah
dadu, peluang muncul mata dadu berjumlah 8
adalah ...
A. C.
B. D.
* Kunci jawaban: A
* Pembahasan
Mata dadu berjumlah 8 = (2,6),
(3,5), (4,4), (5,3), (6,2) atau ( 5
kemungkinan )
40. * Indikator SKL
Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan peluang suatu kejadian
* Indikator
Soal
Menyelesaikan soal cerita yang
berkaitan dengan peluang
* Soal
Dalam suatu kantong berisi 10 kelereng kuning, 5
kelereng putih dan 26 kelereng biru. Satu kelereng diambil berwarna putih dan
tidak dikembalikan lagi. Jika diambil lagi secara acak, nilai kemungkinan
terambil kelereng putih lagi adalah . .
. .
A. C.
B. D.
* Kunci
jawaban: A
*
Pembahasan
.
=
Tidak ada komentar:
Posting Komentar