Kamis, 29 November 2012

SKL UN MAPEL MATEMATIKA SMP 2012/2013



PENJABARAN SKL UJIAN NASIONAL
TAHUN PELAJARAN 2012/2013

MATA PELAJARAN     : MATEMATIKA
SEKOLAH                    : SMP/MTs
KURIKULUM               : STANDAR ISI
N0.
SKL
INDIKATOR SKL
MATERI
INDIKATOR SOAL
KETERANGAN SK/KD TERKAIT
1


























































Peserta didik mampu  menggunakan konsep operasi hitung dan sifat-sifat bilangan, perbandingan, bilangan berpangkat dan bentuk akar, aritmetika sosial, barisan Bilangan , serta penggunaannya dalam pemecahan masalah























1.   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi tambah, kurang, kali, atau bagi pada bilangan.

a.       Operasi campuran pada bilangan bulat
b.      Soal cerita berkaiatan pada  bilangan bulat
c.  Operasi campuran  pada bilangan pecahan
d.  Soal cerita berkaiatan pada  bilangan pecahan

1.1. Menghitung hasil operasi campuran   
       bilangan bulat.
1.2. Menyelesaikan soal cerita yang
       menggunakan operasi hitung bilangan bulat

1.3.Menghitung hasil operasi campuran bilangan pecahan
 1.4. Menyelesaikan soal cerita yang menggunakan operasi hitung bilangan pecahan

VII/I
SK I
1.1; 1.2

VII/I
SK I
1.1; 1.2
2.      Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan.

a. Perbandingan senilai  
b. Perbandingan berbalik nilai 
c. Aplikasi berkaitan dengan perbandingan  

2.1      Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan perbandingan senilai
2.2  Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan perbandingan berbalik nilai
2.3  Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan
       dengan perbandingan
VII/I
SK 3
3.4
3.   Menyelesaikan masalah berkaitan dengan bilangan berpangkat atau  bentuk akar

a. Mengubah bentuk akar ke  pangkat  pecahan dan sebaliknya   
b. Hasil perpangkatan bilangan negative atau pecahan  
c. Hasil perkalian atau  pembagian  bilangan berpangkat
d. Hasil penjumlahan dan pengurangan  bilangan bentuk akar 
d. Hasil perkalian dan pembagian  bilangan bentuk akar
e. Menyedaerhanakan bilangan dengan penyebut bentuk akar  
3.1      Menentukan bentuk akar ke pangkat pecahan dan sebaliknya

3.2      Menentukan hasil perpangkatan bilangan negative atau pecahan


3.3      Menentukan hasil perkalian atau  pembagian  bilangan berpangkat

3.4      Menentukan hasil penjumlahan dan pengurangan  bilangan bentuk akar

3.5      Menentukan hasil perkalian dan pembagian  bilangan bentuk akar

3.6      Menyederhanakan bilangan dengan penyebut bentuk akar

VII/I
SK I
1.1; 1.2
4.   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbankan atau koperasi

a.    Angsuran/bulan
b.   Waktu/lama  
c.    Bunga pertahun   
d.   Besar tabungan awal

4.1      Menentukan besar tabungan awal
4.2      Menentukan besar bunga pertahun
4.3      Menentukan waktu atau lama menabung dalan perbankan
4.4      Menentukan  persentase bunga dalam perbankan
4.5      Menentukan besar angsuran setiap bulan
       pada koperasi.
VII/I
SK 3
3.3
5.   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan bilangan dan deret.

a. Menentukan suku berikutnya dari pola bilangan
b. Menentukan Un  jika unsur yang diperlukan  diketahui  dari barisan bilanga aritmatika atau  geometri 
c.       Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan  barisan bilangan aritmatika  atau  geometri
d.      Menentukan  jumlah n suku pertama deret aritmatika  atau geometri, jika unsur yang diperlukan  diketahui
e.       Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan  deret aritmatika  atau geometri

5.1      Menentukan suku berikutnya dari pola bilangan  yang diberikan
5.2      Menyelesaikan soal tentang gambar berpola
5.3     Menentukan Un, jika unsur yang diperlukan  diketahui dari barisan bilanga aritmatika
5.4     Menentukan Un, jika unsur yang diperlukan  diketahui dari barisan bilangan geometri 2
5.5     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan  barisan bilangan aritmatika
5.6     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan  barisan bilangan geometri
5.7         Menentukan  jumlah n suku pertama deret aritmatika,  jika unsur yang diperlukan  diketahui
5.8         Menentukan  jumlah n suku pertama deret geometri , jika unsur yang diperlukan  diketahui
5.9         Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan  deret aritmatika
5.10     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan  deret  geometri
IX/II
6.1
IX/II
6.2;6.3;6.4
IX/II
6.2;6.3;6.4
2












Peserta didik mampu memahami operasi bentuk aljabar, konsep persamaan dan pertidaksamaan linear, persamaan garis, himpunan, relasi fungsi, sistem persamaan linear, serta menggunakannya dalam pemecahan masalah. 




1.      Menentukan pemfaktoran bentuk aljabar.

a.    Faktor persekutuan
b.   Faktor selisih dua kuadrat
c.    Faktor bentuk ax2 + bx + c

1.1     Menentukan faktor persekutuan
1.2     Menentukan faktor selisih dua kuadrat
1.3     Menentukan faktor bentuk ax2 + bx + c

VIII/
SK 2
KD 2.2
2.      Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan linier atau pertidaksamaan linier satu variabel.

a.       Persamaan linier satu variabel
b.      Pertidaksamaan linier satu variabel  
c.       Masalah berkaitan persamaan linier satu variabel

2.1 Menyelesaikan persamaan linier satu variabel
2.2 Menyelesaikan pertidaksamaan linier satu variabel
2.3 Menentukan himpunan penyelesaian pertidaksamaan linier satu variabel
2.4Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan persamaan linear satu variabel
VII/
SK 2
KD 2.3
3.      Menyelesaikan masalah  yang berkaitan dengan himpunan
a. Operasi himpunan
b.Aplikasi 

3.1 Menentuka irisan atau gabungan dua himpunan
3.2 Menentuka pengurangan atau komplemenn dua himpunan
3.3 Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan
       dengan irisan atau gabungan dua himpunan.

VII
SK 4
KD 4.3
4.      Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan  fungsi

a. Pengertian fungsi
c. Nilai fungsi 

4.1  Menentukan fungsi dari suatu relasi dua himpunan dalam
       bentuk diagram panah/himpunan
       pasangan berurutan/diagram cartesius
4.2  Menentukan f (a), jika rumus fungsi diketahui
4.3  Menentukan nilai c, jika nilai f(c) dan rumus fungsi diketahui
4.4  Menentukan nilai fungsi f( c ) , jika f (a ), f ( b ) dan rumus fungsi diketahui

VIII
SK 1
KD 1.3
5.      Menentukan gradien, persamaan garis dan grafiknya
a. Gradien    
b. Persamaan garis 
c. Grafik

5.1. Menentukan gradien garis
5.2.Menentukan gradien dari dua titik
5.3.Menentukan persamaan garis melalui dua titik
5.4.Menentukan persamaan garis yang  melalui satu titik dan sejajar atau tegak lurus garis lain
5.5.Menentukan grafik dari persamaan garis atau sebaliknya
VIII
SK 1
KD 1.4; 1.6


6.      Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linier dua variabel.

a.    Konsep
b.   Aplikasi

6.1    Menentukan penyelesaian dari SPLDV
6.2    Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan SPLDV


VIII
SK 2
KD 2.1
3
Memahami bangun datar, bangun ruang, sudut, serta menggunakannya dalam pemecahan masalah.

1.   Menyelesaikan soal menggunakan teorema Pythagoras

a.       Tripel Pithagoras
b.      Soal-soal yang penyelesaiaanya menggunakan Pythagoras  

1.1   Menentukan bilangan-bilangan yang
        merupakan Tripel Pythagoras
1.2  Menghitung panjang sisi pada segitiga  siku-siku
1.3  Menyelesaikan soal dengan  menggunakan konsep
        teorema  Pythagoras

VII
SK 6
KD 6.2
2.      Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas bangun datar.

a.    Luas gambar gabungan dari dua bangun datar  
b.   Masalah yang menggunakan/berkaitan dengan  luas  gabungan  dua  bangun datar

2.1  Menghitung luas gabungan beberapa
       bangun datar
2.2  Menyelesaikan soal cerita yang   
       berkaitan dengan gabungan luas bangun datar
2.3  Menyelesaikan masalah berkaitan dengan gabungan luas
       bangun datar

VII
SK 6
KD 6.3
3.      Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling bangun datar.

a.  Keliling gambar gabungan dari dua bangun datar
b. Masalah yang menggunakan/berkaitan dengan  keliling
     bangun datar  segi 4   
3.1. Menghitung keliling gabungan beberapa
       bangun datar
3.2. Menyelesaikan soal cerita yang
       berkaitan dengan keliling bangun datar

VII
SK 6
KD 6.3
4.      Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan hubungan dua garis, besar dan jenis sudut, serta sifat sudut yang terbentuk dari dua garis yang di potong garis lain.

a.       Jenis-jenis sudut
b.      Sudut berpelurus dan berpenyiku
c.       sudut yang terbentuk dari dua garis yang di potong garis lain.
d.      Sudut-sudut pada segitiga

4.1     Menentukan jenis – jenis sudut
4.2     Menghitung besar penyiku atau pelurus suatu sudut
4.3     Menyelesaikan soal  berkaitan dengan sudut berpelurus/berpenyiku menggunakan persamaan
4.4      Menghitung besar sudut yang terbentuk pada dua garis berpotongan atau dua garis berpotongan garis lain serta sebuah sudutnya diketahui
4.5     Menghitung besar sudut dalam atau sudut luar yang melibatkan variabel bila unsur-unsur yang lain diketahui

VII
SK 6
KD 6.4
5.      Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan garis-garis istimewa pada segitiga.

Garis berat, garis tinggi, garis bagi dan garis sumbu  

5.1    Menentukan garis berat, garis tinggi, garis bagi dan garis sumbu   pada segitiga
5.2    Menentukan  urutan  untuk melukis garis berat, garis tinggi, garis bagi dan garis sumbu  pada segitiga

VII
SK 6
KD 6.4
6.      Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan unsur-unsur/bagian-bagian lingkaran atau hubungan dua lingkaran.

a.       Juring lingkaran
b.      Busur lingkaran
c.       Garis singgung dua lingkaran
6.1.Menghitung luas juring jika unsur yang diperlukan diketahui
6.2.Menghitung panjang busur jika unsur yang diperlukan diketahui
6.3.Menghitung panjang garis singgung persekutuan dalam atau luar,  jika unsur-unsur yang diperlukan diketahui
6.4.Menghitung jarak 2 titik pusat atau jari-jari dari salah satu lingkaran, jika unsur-unsur yang diperlukan diketahui
VIII
SK 4
KD 4.3
7.      Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kesebangunan atau kongruensi.

a.   Identifikasi kesebangunan atau kongruensi  

b.   Menyelesaikan masalah berkaitan konsep kesebangunan 

c.    Menentukan syarat kongruensi 
7.1    Menentukan sisi-sisi yang bersesuaian atau sama bila diberikan dua buah bangun yang sebangun atau kongruen
7.2    Menentukan sudut-sudut  yang sama bila diberikan dua buah bangun yang sebangun atau kongruen
7.3     Menghitung panjang sisi pada dua bangun yang sebangun
7.4    Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan  kesebangunan
      dengan kesebangunan

7.5 Menentukan syarat dua segitiga kongruen
IX
SK 1
KD 1.1, dan  1.2,


8.      Menentukan unsur-unsur pada bangun ruang.

a.       Unsur-unsur pada bangun ruang sisi datar
b.      Unsur-unsur pada bangun ruang sisi lengkung

8.1 Menentukan banyak  sisi, bidang diagonal atau diagonal ruang pada kubus atau balok
8.2. Menentukan banyak rusuk atau sisi pada prisma atau limas
8.3 Menentukan banyak rusuk atau sisi pada bola, kerucut atau tabung
 VIII 
SK 5 KD 5.1, 5.2, 5.3
dan IX
SK 5
KD 5.1, 5.2 dan 5.3


9.      Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kerangka atau jaring-jaring bangun ruang.




a.       Jaring-jaring kubus atau balok


b.      Model kerangka bangun ruang  
9.1          Menentukan jaring-jaring kubus atau balok, jika diberikan gambar  rangkaian persegi atau persegipanjang
9.2         Diberikan gambar  rangkaian persegi, siswa dapat menentukan persegi yang merupakan alas bila tutupnya diketahui dari jaring-jaring kubus
9.3         Menyelesaikan soal cerita berkaitan dengan model kerangka bangun ruang  
VIII 
SK 5 KD 5.1,
IX
SK 2
KD 5.2


10.  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume bangun ruang.

a.       Volume bangun ruang sisi datar atau sisi lengkung  
b.      Soal cerita yang berkaitan dengan volume bangun ruang.

10.1  Menghitung volume kubus, balok, prisma, atau limas
10.2  Menghitung volume tabung, kerucut, atau bola

10.3 Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan volume bangun ruang sisi sisi datar
10.4  Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan volume bangun ruang sisi lengkung
VIII 
SK 5 KD  5.2, 5.3
dan IX
SK 2
KD  2.2 dan 2.3
11.  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas permukaan bangun ruang.

c.       Luas bangun ruang sisi datar atau sisi lengkung  
d.      Soal cerita yang berkaitan dengan luas bangun ruang.

11.1  Menghitung luas kubus, balok, prisma, atau limas
11.2  Menghitung luas tabung, kerucut, atau bola
11.3 Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan luas bangun ruang sisi sisi datar
11.4  Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan luas bangun ruang sisi lengkung
VIII 
SK 5 KD  5.2, 5.3
dan IX
SK 2
KD 2.2 dan 2.3
4
Memahami konsep dalam statistika, serta menerapkannya dalam pemecahan masalah.

1.      Menentukan ukuran pemusatan dan menggunakan dalam menyelesaikan masalah sehari-hari.

a.      Mean, median dan modus sebuah data  
b.      Mean, median dan modus sebuah data pada tabel frekuensi  
c.      Menafsirkan data pada tabel frekuensi  
d.      Soal cerita berkaitan dengan nilai rata-rata 
1.1. Menghitung mean, median, atau modus data tunggal
1.2. Menghitung mean, median, atau modus data   tunggal pada tabel frekuensi
1.3  Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan  nilai rata-rata
1.4 Menafsirkan data yang disajikan dalam bentuk tabel frekuensi

 IX
SK 3
KD 3.1 


2.      Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penyajian atau penafsiran data.

a.      Diagram  lingkaran, garis dan batang   

1.1  Menafsirkan data yang disajikan dalam bentuk diagram batang
1.2  Menafsirkan data yang disajikan dalam bentuk diagram lingkaran
1.3  Menafsirkan data yang disajikan dalam bentuk diagram garis
IX
SK 3
KD 3.2 
5.
Memahami konsep peluang suatu kejadian serta menerapkannya dalam pemecahan masalah.

1.   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang suatu  kejadian
 a.  Peluang suatu kejadian  
 b. Soal cerita berkaitan dengan peluang 

1.1     Menentuan peluang suatu kejadian tertentu pada suatu percobaan
1.2     Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan peluang
IX
SK 4
KD 4.1;4.2


Tidak ada komentar:

Posting Komentar