PENJABARAN SKL UJIAN NASIONAL
TAHUN PELAJARAN 2012/2013
MATA PELAJARAN :
MATEMATIKA
SEKOLAH :
SMP/MTs
KURIKULUM :
STANDAR ISI
N0.
|
SKL
|
INDIKATOR SKL
|
MATERI
|
INDIKATOR SOAL
|
KETERANGAN SK/KD TERKAIT
|
1
|
Peserta didik mampu menggunakan konsep operasi hitung dan
sifat-sifat bilangan, perbandingan, bilangan berpangkat dan bentuk akar,
aritmetika sosial, barisan Bilangan , serta penggunaannya dalam pemecahan
masalah
|
1. Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan operasi tambah, kurang, kali, atau bagi pada
bilangan.
|
a.
Operasi
campuran pada bilangan bulat
b.
Soal
cerita berkaiatan pada bilangan bulat
c. Operasi campuran pada bilangan pecahan
d. Soal cerita berkaiatan pada bilangan pecahan
|
1.1. Menghitung
hasil operasi campuran
bilangan bulat.
1.2.
Menyelesaikan soal cerita yang
menggunakan operasi hitung bilangan bulat
1.3.Menghitung hasil operasi campuran bilangan pecahan
1.4. Menyelesaikan soal cerita yang menggunakan operasi hitung bilangan pecahan
|
VII/I
SK
I
1.1;
1.2
VII/I
SK
I
1.1;
1.2
|
2. Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan perbandingan.
|
a. Perbandingan senilai
b. Perbandingan berbalik nilai
c. Aplikasi berkaitan dengan perbandingan
|
2.1 Menyelesaikan
soal yang berkaitan dengan perbandingan senilai
2.2 Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan
perbandingan berbalik nilai
2.3
Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan
dengan perbandingan
|
VII/I
SK
3
3.4
|
||
3.
Menyelesaikan
masalah berkaitan dengan bilangan berpangkat atau bentuk akar
|
a. Mengubah bentuk akar ke pangkat pecahan
dan sebaliknya
b. Hasil perpangkatan bilangan negative atau
pecahan
c. Hasil perkalian atau pembagian
bilangan berpangkat
d. Hasil penjumlahan dan pengurangan bilangan bentuk akar
d. Hasil perkalian dan pembagian bilangan bentuk akar
e. Menyedaerhanakan bilangan dengan penyebut bentuk
akar
|
3.1 Menentukan bentuk akar ke pangkat
pecahan dan sebaliknya
3.2 Menentukan hasil perpangkatan bilangan negative atau
pecahan
3.3 Menentukan hasil perkalian atau pembagian
bilangan berpangkat
3.4 Menentukan hasil penjumlahan dan pengurangan bilangan bentuk akar
3.5 Menentukan hasil perkalian dan pembagian bilangan bentuk akar
3.6 Menyederhanakan bilangan dengan penyebut bentuk akar
|
VII/I
SK
I
1.1;
1.2
|
||
4.
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan perbankan atau koperasi
|
a.
Angsuran/bulan
b.
Waktu/lama
c.
Bunga
pertahun
d.
Besar
tabungan awal
|
4.1 Menentukan besar tabungan awal
4.2 Menentukan besar bunga pertahun
4.3 Menentukan waktu atau lama menabung
dalan perbankan
4.4 Menentukan persentase bunga dalam perbankan
4.5 Menentukan besar
angsuran setiap bulan
pada koperasi.
|
VII/I
SK
3
3.3
|
||
5.
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan barisan bilangan dan deret.
|
a. Menentukan suku berikutnya dari pola bilangan
b. Menentukan Un
jika unsur yang diperlukan
diketahui dari barisan bilanga
aritmatika atau geometri
c. Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan barisan
bilangan aritmatika atau geometri
d. Menentukan jumlah n suku pertama deret aritmatika atau geometri, jika unsur yang
diperlukan diketahui
e. Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan deret
aritmatika atau geometri
|
5.1 Menentukan
suku berikutnya dari pola bilangan
yang diberikan
5.2 Menyelesaikan
soal tentang gambar berpola
5.3 Menentukan
Un, jika unsur yang diperlukan
diketahui dari barisan bilanga aritmatika
5.4 Menentukan
Un, jika unsur yang diperlukan
diketahui dari barisan bilangan geometri 2
5.5 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan barisan
bilangan aritmatika
5.6 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan barisan
bilangan geometri
5.7
Menentukan
jumlah n suku pertama deret aritmatika, jika unsur yang diperlukan diketahui
5.8
Menentukan
jumlah n suku pertama deret geometri , jika unsur yang diperlukan diketahui
5.9
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan deret aritmatika
5.10 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan
deret geometri
|
IX/II
6.1
IX/II
6.2;6.3;6.4
IX/II
6.2;6.3;6.4
|
||
2
|
Peserta
didik mampu memahami operasi bentuk aljabar, konsep persamaan dan
pertidaksamaan linear, persamaan garis, himpunan, relasi fungsi, sistem
persamaan linear, serta menggunakannya dalam pemecahan masalah.
|
1. Menentukan
pemfaktoran bentuk aljabar.
|
a.
Faktor persekutuan
b.
Faktor selisih dua kuadrat
c.
Faktor bentuk ax2 + bx + c
|
1.1
Menentukan faktor persekutuan
1.2 Menentukan
faktor selisih dua kuadrat
1.3 Menentukan
faktor bentuk ax2 + bx + c
|
VIII/
SK 2
KD 2.2
|
2. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan
linier atau pertidaksamaan linier satu variabel.
|
a. Persamaan
linier satu variabel
b. Pertidaksamaan
linier satu variabel
c. Masalah berkaitan persamaan
linier satu variabel
|
2.1 Menyelesaikan persamaan linier satu variabel
2.2 Menyelesaikan pertidaksamaan
linier satu variabel
2.3 Menentukan himpunan
penyelesaian pertidaksamaan linier satu variabel
2.4Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan
persamaan linear satu variabel
|
VII/
SK 2
KD 2.3
|
||
3.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan himpunan
|
a. Operasi himpunan
b.Aplikasi
|
3.1
Menentuka irisan atau gabungan dua himpunan
3.2
Menentuka pengurangan atau komplemenn dua himpunan
3.3
Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan
dengan irisan atau gabungan dua himpunan.
|
VII
SK
4
KD
4.3
|
||
4. Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan fungsi
|
a.
Pengertian fungsi
c.
Nilai fungsi
|
4.1 Menentukan fungsi dari suatu relasi dua
himpunan dalam
bentuk diagram panah/himpunan
pasangan berurutan/diagram cartesius
4.2 Menentukan f (a), jika rumus fungsi
diketahui
4.3 Menentukan
nilai c, jika nilai
f(c) dan rumus fungsi
diketahui
4.4 Menentukan
nilai fungsi f( c ) ,
jika f (a ), f ( b ) dan rumus fungsi diketahui
|
VIII
SK
1
KD
1.3
|
||
5. Menentukan gradien, persamaan garis dan grafiknya
|
a.
Gradien
b.
Persamaan garis
c.
Grafik
|
5.1. Menentukan gradien garis
5.2.Menentukan
gradien dari dua titik
5.3.Menentukan
persamaan garis melalui
dua titik
5.4.Menentukan
persamaan garis yang melalui satu
titik dan sejajar atau tegak lurus garis lain
5.5.Menentukan
grafik dari persamaan garis atau sebaliknya
|
VIII
SK
1
KD
1.4; 1.6
|
||
|
|
6. Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linier dua variabel.
|
a.
Konsep
b.
Aplikasi
|
6.1 Menentukan penyelesaian dari SPLDV
6.2 Menyelesaikan soal cerita yang
berkaitan dengan SPLDV
|
VIII
SK
2
KD
2.1
|
3
|
Memahami bangun datar, bangun ruang,
sudut, serta menggunakannya dalam pemecahan masalah.
|
1.
Menyelesaikan
soal menggunakan teorema Pythagoras
|
a.
Tripel Pithagoras
b.
Soal-soal yang penyelesaiaanya menggunakan
Pythagoras
|
1.1 Menentukan bilangan-bilangan
yang
merupakan Tripel Pythagoras
1.2 Menghitung panjang sisi pada segitiga siku-siku
1.3 Menyelesaikan soal dengan
menggunakan konsep
teorema Pythagoras
|
VII
SK 6
KD 6.2
|
2. Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan luas bangun datar.
|
a.
Luas gambar gabungan dari dua bangun datar
b.
Masalah yang menggunakan/berkaitan dengan luas
gabungan dua bangun datar
|
2.1
Menghitung luas gabungan beberapa
bangun datar
2.2
Menyelesaikan soal cerita yang
berkaitan dengan gabungan luas bangun
datar
2.3
Menyelesaikan masalah berkaitan dengan gabungan luas
bangun
datar
|
VII
SK 6
KD 6.3
|
||
3. Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan keliling bangun datar.
|
a. Keliling gambar gabungan dari dua bangun
datar
b. Masalah yang menggunakan/berkaitan dengan keliling
bangun datar segi 4
|
3.1. Menghitung
keliling gabungan beberapa
bangun datar
3.2.
Menyelesaikan soal cerita yang
berkaitan dengan keliling bangun datar
|
VII
SK 6
KD 6.3
|
||
4. Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan hubungan dua garis, besar dan jenis sudut,
serta sifat sudut yang terbentuk dari dua garis yang di potong garis lain.
|
a. Jenis-jenis sudut
b. Sudut berpelurus dan berpenyiku
c. sudut yang terbentuk dari dua garis yang
di potong garis lain.
d.
Sudut-sudut
pada segitiga
|
4.1
Menentukan jenis – jenis sudut
4.2
Menghitung besar penyiku atau pelurus suatu sudut
4.3
Menyelesaikan soal berkaitan
dengan sudut berpelurus/berpenyiku menggunakan persamaan
4.4
Menghitung besar sudut yang
terbentuk pada dua garis berpotongan atau dua garis berpotongan garis lain
serta sebuah sudutnya diketahui
4.5
Menghitung besar sudut dalam atau sudut luar yang melibatkan variabel
bila unsur-unsur yang lain diketahui
|
VII
SK 6
KD 6.4
|
||
5. Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan garis-garis istimewa pada segitiga.
|
Garis berat, garis tinggi, garis bagi dan garis
sumbu
|
5.1 Menentukan garis berat, garis tinggi, garis bagi dan garis
sumbu pada segitiga
5.2 Menentukan urutan
untuk melukis garis berat, garis
tinggi, garis bagi dan garis sumbu
pada segitiga
|
VII
SK 6
KD 6.4
|
||
6. Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan unsur-unsur/bagian-bagian lingkaran atau
hubungan dua lingkaran.
|
a. Juring lingkaran
b. Busur lingkaran
c. Garis singgung dua
lingkaran
|
6.1.Menghitung luas juring jika unsur
yang diperlukan diketahui
6.2.Menghitung panjang busur jika unsur
yang diperlukan diketahui
6.3.Menghitung panjang garis singgung
persekutuan dalam atau luar, jika
unsur-unsur yang diperlukan diketahui
6.4.Menghitung jarak 2 titik pusat atau
jari-jari dari salah satu lingkaran, jika unsur-unsur yang diperlukan
diketahui
|
VIII
SK 4
KD 4.3
|
||
7. Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan kesebangunan atau kongruensi.
|
a.
Identifikasi
kesebangunan atau kongruensi
b.
Menyelesaikan
masalah berkaitan konsep kesebangunan
c.
Menentukan syarat kongruensi
|
7.1 Menentukan sisi-sisi yang bersesuaian atau sama bila
diberikan dua buah bangun yang sebangun atau kongruen
7.2 Menentukan sudut-sudut yang sama bila diberikan dua buah bangun
yang sebangun atau kongruen
7.3 Menghitung
panjang sisi pada dua bangun
yang sebangun
7.4 Menyelesaikan
soal cerita yang berkaitan kesebangunan
dengan kesebangunan
7.5 Menentukan syarat dua segitiga kongruen
|
IX
SK 1
KD 1.1, dan 1.2,
|
||
|
|
8.
Menentukan unsur-unsur
pada bangun ruang.
|
a. Unsur-unsur
pada bangun
ruang sisi datar
b. Unsur-unsur
pada bangun
ruang sisi lengkung
|
8.1 Menentukan banyak sisi, bidang
diagonal atau diagonal ruang pada kubus atau balok
8.2. Menentukan banyak rusuk
atau sisi pada prisma atau limas
8.3 Menentukan banyak rusuk atau sisi pada bola, kerucut atau tabung
|
VIII
SK 5 KD 5.1, 5.2, 5.3
dan IX
SK 5
KD 5.1, 5.2 dan 5.3
|
|
|
9.
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan kerangka atau jaring-jaring bangun ruang.
|
a. Jaring-jaring
kubus atau balok
b. Model kerangka bangun ruang
|
9.1
Menentukan jaring-jaring
kubus atau balok, jika diberikan gambar rangkaian persegi atau persegipanjang
9.2
Diberikan gambar rangkaian persegi, siswa dapat menentukan
persegi yang merupakan alas bila tutupnya diketahui dari jaring-jaring kubus
9.3
Menyelesaikan
soal cerita berkaitan dengan model kerangka bangun ruang
|
VIII
SK 5 KD 5.1,
IX
SK 2
KD 5.2
|
|
|
10. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume bangun
ruang.
|
a. Volume
bangun ruang sisi datar atau sisi lengkung
b. Soal cerita yang
berkaitan dengan volume bangun ruang.
|
10.1
Menghitung volume kubus, balok, prisma, atau limas
10.2 Menghitung volume tabung, kerucut, atau bola
10.3 Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan
volume bangun
ruang sisi sisi datar
10.4 Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan
volume bangun
ruang sisi lengkung
|
VIII
SK 5 KD 5.2, 5.3
dan IX
SK 2
KD 2.2 dan 2.3
|
11. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas permukaan
bangun ruang.
|
c. Luas
bangun ruang sisi datar atau sisi lengkung
d. Soal cerita yang
berkaitan dengan luas bangun ruang.
|
11.1
Menghitung luas kubus, balok, prisma, atau limas
11.2 Menghitung luas tabung, kerucut, atau bola
11.3 Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan luas bangun ruang sisi sisi datar
11.4 Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan luas bangun ruang sisi lengkung
|
VIII
SK 5 KD 5.2, 5.3
dan IX
SK 2
KD 2.2 dan 2.3
|
||
4
|
Memahami konsep dalam statistika, serta
menerapkannya dalam pemecahan masalah.
|
1. Menentukan ukuran pemusatan dan menggunakan dalam
menyelesaikan masalah sehari-hari.
|
a.
Mean,
median dan modus sebuah data
b.
Mean,
median dan modus sebuah data pada tabel frekuensi
c.
Menafsirkan
data pada tabel frekuensi
d.
Soal
cerita berkaitan dengan nilai rata-rata
|
1.1. Menghitung mean, median, atau modus
data tunggal
1.2. Menghitung mean, median, atau modus data tunggal pada tabel frekuensi
1.3 Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan
dengan nilai rata-rata
1.4 Menafsirkan data yang
disajikan dalam bentuk tabel frekuensi
|
IX
SK 3
KD 3.1
|
|
|
2. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penyajian atau
penafsiran data.
|
a.
Diagram lingkaran, garis dan batang
|
1.1 Menafsirkan data yang disajikan dalam bentuk diagram
batang
1.2 Menafsirkan data yang disajikan dalam bentuk diagram
lingkaran
1.3 Menafsirkan data yang disajikan dalam bentuk diagram
garis
|
IX
SK 3
KD 3.2
|
5.
|
Memahami konsep peluang suatu kejadian
serta menerapkannya dalam pemecahan masalah.
|
1. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang
suatu kejadian
|
a.
Peluang suatu kejadian
b. Soal
cerita berkaitan dengan peluang
|
1.1 Menentuan peluang suatu kejadian
tertentu pada suatu percobaan
1.2 Menyelesaikan soal cerita yang
berkaitan dengan peluang
|
IX
SK 4
KD 4.1;4.2
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar