Jumat, 23 Maret 2012

Outdoor Activity SMP Negeri 1 Kedungbanteng Tahun 2011

Success for outdoor activity 2011


Outdoor activity yang dilaksanakan tanggal 22 Oktober 2011 adalah rangkaian kegiatan tengah semester gasal setelah pelaksanaan Ulangan Tengah Semester.
Kegitan rutin yang telah dilaksanakan sejak tahun 2008 ini diawali dengan kegiatan outbond. Ada 9 pos yang harus dilewati oleh tiap kelompok. Setiap kelas dibagi menjadi 2 kelompok putra dan 2 kelompok putri. Sehingga jumlah keseluruhan ada 76 kelompok.
Pos 1 baca doa keagamaan letaknya di SMP N 1 Kedungbanteng kemudian tiap kelompok di bekali gelas aqua yang diisi air berwarna biru dan ditutup sehelai kertas tissue yang dikalungkan pada salah satu anggota kelompok. Tujuannya semua anggota menjaga agar kertas tissue tidak sobek dan air yang ada di dalam gelas aqua tidak tumpah, dibutuhkan kekompakkan dan tanggung jawab bersama. Pos 2 baca puisi/pantun letaknya di sebelah selatan lapangan Kedungbanteng, masing-masing kelompok harus membawakan puisi/pantun dengan baik dan penuh ekspresi. Pos 3 meniti bambu letaknya di timur pos 2, masing-masing kelompok harus melewati sebatang bambu yang di pasang di atas kolam. Resiko jika tidak hati-hati dan tidak imbang maka akan terjebur…basah… pos 4 merayap letaknya di sebelah utara pos 3 setiap anggota kelompok harus merayap di bawah bambu dengan desain seperti sungguhan. Banyak siswa yang badannya penuh lumpur dan belepotan karena sebelumnya jatuh di kolam di pos 3. Dilanjutkan ke pos 5 yaitu mengerjakan soal bahasa Inggris letaknya di sebelah utara pos 4 setiap kelompok di sodori lembar kerja siswa untuk dikerjakan dan segera dikumpulkan. Pos 6 berhitung letaknya di sebelah timur pasar Kedungbanteng…ada kejadian lucu di pos 6 karena ternyata ada sekitar 3 kelompok kelas 7 putra yang salah jalur sehingga pos 5 dilewati dan langsung ke pos 6…untungnya panitia segera menginformasikan jalur yang benar yang harus dilalui oleh tiap kelompok. Dengan nafas terengah-engah kelompok dari kelas 7 putra tadi harus memutar ke jalur yang mestinya dilewati. Di pos 6 setiap kelompok di berikan lembar kerja soal yang berisi 5 nomor soal operasi hitung bilangan bulat dalam waktu 30 detik. Di pos ini tiap kelompok dituntut konsentrasinya karena sebelumnya telah melewati pos yang melibatkan fisik. Pada pos 7 mengisi teka-teki, dilanjutkan pos 8 kalimat berantai dan pos terakhir pos 9 adalah permainan hula hop.
Setelah melewati kegiatan outbond dengan 9 posnya. Maka tibalah kegiatan inti yaitu outdoor activity dengan 3 tujuan lokasi usaha yaitu pembibitan tanaman untuk kelas 7, kerajinan bedug untuk kelas 8 dan pembuatan jamu untuk kelas 9. Pada masing-masing lokasi usaha siswa dibekali dengan lembar kegiatan siswa yang harus diisi siswa pada saat berinteraksi dengan para pengusaha atau pekerja yang ada di lokasi usaha. Siswa dikenalkan dan ditunjukkan tentang usaha apa yang dikelola, proses pembuatan jamu, bedug dan pembibitan tanaman, semua itu sangat bermanfaat bagi kehidupan agar pengetahuan mereka terbuka dan ternyata banyak peluang yang bisa dijadikan sumber penghasilan dan dapat membuka lapangan pekerjaan.
Kegiatan ini dilanjutkan dengan panggung hiburan yang diisi oleh pemain band sekolah dan alumni. Untuk pra acara diisi dengan lagu Mars SMP Negeri 1 Kedungbanteng oleh pengurus OSIS dan bapak ibu guru. Panggung hiburan juga diisi sejumlah tari-tarian, lagu, music dan gerak yang ditampilkan dari siswa siswa kelas 7, 8, 9 semuanya mengeluarkan segala talent yang dimiliki demi SMP N 1 Kedunganteng tercinta dan secara tidak langsung menunjukkan pada masyarakat desa Keniten bahwa SMP N 1 Kedungbanteng tetap eksis dengan segala kemampuan yang dimiliki. Pada acara sambutan Kepala Sekolah Bapak Dibyo Yuwono, S.Pd menyampaikan bahwa kegiatan ini untuk mengisi kegiatan sekolah selepas ulangan tengah semester gasal, diharapkan outdoor activity ini dapat memupuk jiwa wirausaha para siswa dengan mencontoh kemandirian para pengusaha/pengrajin tersebut. Sedangan sambutan kepala desa bahwa kegiatan ini juga untuk pembelajaran warga desa, belajar tidak hanya di dalam ruang kelas tetapi bisa dilakukan di luar kelas seperti yang ada sekarang ini.
Rangkaian kegiatan ini diakhiri dengan kegiatan bakti social, dengan memberikan kenang-kenangan dari sekolah berupa sajadah panjang untuk masjid/mushola di desa Keniten. Acara selesai dan ditutup pada pukul 15.00 WIB…semua siswa kembali ke rumah masing-masing dengan ceria…dan tetap semangat. Sukses untuk SMP Negeri 1 Kedungbanteng. Semoga kegiatan yang telah dilaksanakan ini dapat memberikan motivasi kepada siswa untuk lebih meningkatkan pengetahuan di segala bidang. Karena ternyata semua ilmu pengetahuan yang ada adalah penting dan akan memberikan manfaat yang sangat besar untuk kesuksesan mereka di masa yang akan datang. Diharapkan siswa akan terinspirasi dengan kata-kata bijak bahwa “orang sukses adalah orang yang berbuat untuk melakukan sesuatu, sedangkan orang gagal adalah orang yang hanya berpikir untuk melakukan sesuatu.”(rmuharti)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar